Dijamin Ampuh!! Tips Mengatasi Hp Cepat Panas Saat Main Game

Tips Mengatasi Hp Cepat Panas Saat Main Game

gadgetmiaw.com - Bermain game merupakan sebuah kegiatan yang banyak disukai oleh banyak orang. Apalagi setiap orang dapat memainkan game di smartphone mereka, dan dapat memainkan game apa saja yang ada di Playstore atau Appstore. 

Untuk dapat bermain game dengan lancar, pengguna harus menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang baik dan mumpuni. Lalu bagaimana dengan nasib "hp kentang"? apakah masih dapat bermain game? 

Untungnya, pada game-game tertentu seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile sudah menyediakan pilihan grafis yang dapat disesuaikan dengan spesifikasi smartphone. Dengan begitu pengguna masih dapat memainkan game yang diminati walau harus mengorbankan pengalaman bermain game yang lebih baik karena menurunkan kualitas grafisnya. 

Banyak kasus, hp akan panas saat bermain game dan ini adalah hal yang sering dikeluhkan oleh orang-orang yang gemar bermain game. Hal ini sangatlah wajar, karena saat bermain game chipset dan GPU akan bekerja lebih keras hingga membuat hp cepat panas. Hal ini juga bukan hanya terjadi pada hp kelas bawah atau menengah, bahkan hal ini juga terjadi pada hp kelas atas. 

Namun, akan menjadi sangat menjengkelkan ketika baru beberapa menit main game hp langsung panas secara signifikan. Nah bagi kamu mengalami hal seperti ini, coba simak terus cara mengatasi hp cepat panas berikut ini. 


1. Menutup Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

Biasanya pengguna sering membuka beberapa aplikasi di hp, namun tidak menutupnya sehingga aplikasi-aplikasi tersebut masih berjalan dilatar belakang. Hal ini akan membuat kinerja hp lebih berat apalagi ketika mulai bermain game. 

Sebelum mulai bermain game, ada baiknya tutup semua aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Biasanya untuk mengaksesnya pengguna cukup menekan Recent Apps. Biasanya Recent Apps diakses dengan menekan atau memendam tombol pada bagian kiri/kanan. Setiap hp biasannya memiliki tombol Recent Apps yang berbeda-beda. 

2. Kurangin Kecerahan Layar

Kecerahan layar juga dapat mempengaruhi performa hp saat kamu bermain game. Jika kamu menggunakan kecerahan layar dengan maksimal, hal ini akan membauat baterai hp cepat habis dan akan membuat menurunkan pengalaman bermain game. 


3. Matikan Konektivitas Yang Tidak Diperlukan

Saat bermain game online, yang kamu butuhkan adalah jaringan internet baik itu dari Wi-Fi maupun data seluler. Setiap hp biasanya juga dibekali dengan konektivitas yang lain seperti Bluetooth dan GPS. 

Ketika konetktifitas menyala, maka konektivitas tersebut akan terus melakukan searching yang akan membuat kinerja hp cepat terkuras. Maka dari itu, sebaiknya pastikan dulu konektivitas yang tidak diperlukan dalam keadaan mati/off. 


4. Menggunakan Fitur Gaming Mode

Beberapa produsen hp menyematkan fitur Gaming Mode bawaan, contohnya seperti Xiaomi yang bernama Game Turbo. Fitur ini sangat berguna untuk menyesuaikan kinerja hp sehingga akan memaksimalkan performanya saat bermain game. 

Jika hp kamu tidak memiliki fitur Gaming Mode bawaan, kamu juga dapat mendownload aplikasi yang serupa di Playstore seperti Game Booster, Dr. Booster, Gaming Mode dan lainnya. 


5. Gunakan Gamepad Cooler

Cara mengatasi hp cepat panas saat bermain game berikutnya adalah, dengan menggunakan Gamepad Cooler. Perangkat sederhana ini dapat kamu beli di E-Commerce dengan harga yang bevariasi.Untuk dayanya kamu cukup melakukan pengisian daya di Gamepad Cooler hingga penuh, dan kamu dapat menggunakannya saat bermian game. 

Biasanya Gamepad Cooler memiliki kapasitas baterai yang kecil, sehingga akan cepat habis. Untuk itu saat sedang seru-seruan bermain game usahakan berada ditempat yang mudah menjangkau listrik untuk pengisian daya, atau kamu juga dapat mengandalkan Power Bank


6. Mainkan Game Sesuai Spesifikasi Hp Kamu

Setiap game memiliki Minimum Requirement atau persyaratan minimal spesifikasi perangkat yang digunakan. Jika cara-cara diatas masih membuat hp kamu cepat panas, mungkin kamu harus memastikan dulu bahwa hp kamu memenuhi persyaratan untuk bermain game yang ingin dimainkan. 


Akhir kata, itulah beberapa tips mengatasi hp cepat panas saat bermain game. Semoga informasi ini bermanfaat ya.