Kenapa Flashdisk Harus di Eject Terlebih Dahulu? Ini Alasannya


Alasan Mengapa Flashdisk Harus di Eject Terlebih Dahulu

gadgetmiaw.com - Flashdisk merupakan perangkat penyimpanan kecil yang dapat digunakan dengan praktis di perangkat komputer dan smartphone dengan bantuan kabel OTG. 

Flashdisk memiliki beberapa varian penyimpanan, yang dapat menyimpan berbagai format data. Flasdisk juga merupakan tempat penyimpanan data yang masih populer walaupun sekarang sudah banyak pilihan penyimpanan data dari Cloud Storage.  

Setelah sekian lama menggunakan flashdisk, tau gak kenapa flashdisk harus di eject terlebih dahulu sebelum mencabutnya? 


Kenapa Flashdisk Harus Di Eject Sebelum Dicabut? 

Pertanyaan seperti ini mungkin muncul pada sebagian orang, mengingat hal ini sangat dianjurkan dari dulu-kedulu. 

Alasan kenapa flashdisk harus di eject sebelum dicabut untuk mencegah kerusakan data (Corrupt) ketika ada program yang sedang membuka data flashdisk tersebut, apalagi jika program sedang melakukan penyimpanan data ke flashdisk. 

Dengan begitu, data yang disimpan tidak tersimpan sempurna dan kemungkinan data tersebut tidak lagi dapat dibuka lagi. Bayangkan saja ada data penting didalam flashdisk, seperti skripsi atau dokumen lainnya mungkin ini akan membuat pengguna stress berat apalagi data tersebut tidak di backup ke perangkat yang lain. 

Selain itu dampak negatif tidak meng-eject flashdisk sebelum dicabut adalah, flashdisk akan lebih cepat rusak dan mengurangi umur pemakaiannya. 

Maka sangat dianjurkan untuk meng-eject flashdisk terlebih dahulu untuk memutuskan koneksi dengan komputer sepenuhnya dan dapat mencegah kerusakan data. 


Perbedaan Safely Remove dan Eject

Ada 2 cara untuk meng-eject flashdisk, yaitu dari Safely Remove yang terletak pada sudut kanan bawah windows, dan Eject yang ada pada opsi pada saat klik kanan pada flashdisk.

Meng-eject flashdisk melalui Safely Remove lebih baik karena ini akan membuat segala proses pembacaan data berhenti dan hubungan dengan flashdisk dari kumputer terputus sepenuhnya. 

Sedangkan meng-eject flashdisk dari menu Eject pada klik kanan, ini dianjurkan untuk perangkat USB Multi Port, misalnya seperti Card Reader. Dengan begitu, pengguna dapat memilih port mana yang akan diputuskan hubungannya dan port mana yang masih digunakan atau dibiarkan terus berjalan. 


Nah, itulah alasan kenapa flashdisk harus di eject terlebih dahulu sebelum dicabut. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

I.M

A Content Creator, Design CAD 3D, i like all about Technology.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak