Cara Cek Kesehatan Hardisk Di Laptop Dari CMD dan Software HD Sentinel

Cara Cek Kesehatan Hardisk Di Laptop

gadgetmiaw.com - Hardisk adalah salah satu perangkat keras komputer yang memiliki peran penting dalam menyimpan data. Biasanya setiap perangkat komputer sudah memiliki Hardisk dengan kapasitas yang beragam. 

Hardisk juga memiliki masa pakainya sendiri yang artinya ada masa sebuah Hardisk tidak dapat digunakan lagi alias rusak. Masa pakai sebuah Hardisk berbeda-beda, ada yang lebih awet dan cepat rusak tergantung dari cara pemakaian, kualitas Hardisk dan lain sebagainya. 

Hardisk mulai rusak biasanya ditandai dengan laptop yang performa laptop menurun, terdengar suara aneh pada Hardisk, sering terjadi Overheat dan lain-lain.

Namun, ketika performa laptop menurun belum pasti laptop tersebut mengalami kerusakan pada Hardisk dan mungkin saja disebabkan dengan hal-hal lain. 

Nah, inilah pentingnya mengetahui kesehatan Hardisk sebelum menentukan apakah Hardisk harus di ganti atau masih layak dipakai. Berikut adalah cara cek kesehatan Hardisk di laptop Windows 10. 


1. Cek Kesehatan Hardisk dengan CMD

Cek kesehata Hardisk pertama ini tidak membutuhkan software pihak ketiga. Kamu cukup mengeceknya melalui CMD yang ada di laptop kamu : 

  • Tekan tombol Windows + R secara bersamaan
  • Kemudian ketik CMD lalu Enter
  • Setelah muncul tampilan Command Prompt, kamu dapat mengetik perintah "wmic" (tanpa tanda petik lalu Enter
  • Setelah itu, kamu dapat mengetik "diskdrive get status" (tanpa tanda petik) lalu tekan Enter

Setelah itu kamu akan melihat status kesehatan Hardisk kamu. 

Cara Cek Kesehatan Hardisk Di Laptop Windows 10

Jika statusnya "Ok" berarti Hardisk kamu masih layak dipakai, dan jika statusnya "Pred Fail" bisa jadi ada Bad Sector pada Hardisk status ini harus kamu waspadai dan sebaiknya kamu segera mungkin memindahkan data penting ke penyimpanan yang lain. 


2. Cek Kesehatan Hardisk dengan  Software HD Sentinel

Cara cek Hardisk berikutnya adalah dengan mengandalkan Software pihak ketiga, yaitu HD Sentinel. Pertama-tama kamu harus mendownloadnya di situs resmi Hard Disk Sentinel lalu menginstalnya. Di situs resminya tersedia versi yang gratis dan berbayar, kamu dapat menggunakan yang versi gratisnya saja.

Setelah mengintstal Software HD Sentinel, kamu cukup menjalankan Softwarenya saja setelah itu muncul Report yang menyatakan kondisi Hardisk kamu sekarang. 


Cara Cek Kesehatan Hardisk Di Laptop Windows 10


Akhir kata, itulah cara cek kesehatan Hardisk di laptop melalui CMD dan Software pihak ketiga HD Sentinel. Semoga informasi ini bermanfaat ya!