Apa Itu TPM 2.0 Yang Dibutuhkan Oleh Windows 11? Begini Penjelasannya


gadgetmiaw.com - Baru-baru ini, Microsoft secara resmi merilis Windows 11 yang memiliki banyak keunggulan daripada Windows sebelumnya. Apalagi tampilannya sangat berubah yang menjadi tampak lebih minimalis. Tak hanya fitur dan tampilannya, tingkat keamanannya juga ditingkatkan pada Windows 11 untuk melindungi data-data usernya. 

Untuk menginstal Windows 11, maka perangkat komputer harus mendukung TMP 2.0. Ini meurupakan syarat yang tidak semua perangkat komputer memilikinya, dan membuat mereka memaksa mengurungkan niat untuk mencoba Windows 11. 

Pada situs resminya, Microsoft juga memberikan sebuah software ringan yang bernama PC Health Check untuk yang berguna untuk mengecek atau memastikan apakah sebuah perangkat komputer telah memenuhi syarat untuk menggunakan Windows 11 atau tidak. 


Apa Itu TPM 2.0? 

TPM atau singkatan dari Trusted Platform Module, merupakan chip khusus yang berguna untuk memberikan proteksi tambahan dari sisi piranti keras. 

Chip ini diciptakan untk dapat melakukan serangkaian fisik, sebagai pencegah kerusakan kunci enkripsi, data sensitif, kredensial pengguna dari peretasan atau serangan malware. Jadi TPM ini memberikan keamanan yang lebih ketat pada sistem operasi Windows. 


Software ringan PC Health Check bersi terbaru yang disediakan oleh Microsoft di situs resminya, akan memberikan informasi lebih detail mengapa suatu komputer tidak dapat menggunakan Windows 11. Salah satu penyebab yang paling umum terjadi adalah karena perangkat komputer belum mendukung TPM 2.0 . 

Selain TPM 2.0 syarat lainnya untuk dapat menjalankan Windows 11 antara lain adalah : 

  • Prosessor : Prosessor 1 GHz (atau diatasnya)
  • RAM : 4 GB
  • Penyimpanan : 64 GB
  • Kartu Grafis : Telah mendukung Directx 12


Selain menggunakan PC Health Check yang disediakan oleh Microsoft, kamu juga dapat mengeceknya secara manual, untuk memastikan komputer kamu telah memenuhi syarat menjalankan Windows 11. Ikuti langkah-langkah berikut : 

  1. Buka "Run" dengan menekan tombol Windows + R 
  2. Ketik "tpm.msc" tanpa tanda petik lalu klik OK
  3. Maka akan muncul tampilan TPM Management
  4. Jika pada kolom status tertulis keterangan "TPM is ready for use" itu artinya komputer kamu telah mendukung TPM dan dapat menginstal dan menjalankan Windows 1l


Akhir kata, itulah penjelasan singkat mengenai TPM 2.0. Semoga artikel ini membantu kamu untuk memahami TPM 2.0, yang menjadi persyaratan untuk dapat mengintsal Windows 11 pada suatu komputer. 

Iska Maulana
Iska Maulana A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!