Mending Rakit PC Atau Beli Laptop Gaming? Begini Jawabannya

Mending Rakit PC Atau Beli Laptop?

gadgetmiaw.com - Komputer merupakan perangkat yang dibutuhkan oleh masyarakat karena memberikan banyak manfaat. Dengan komputer masyarakat dapat melakukan segala kegiatan komputasi seperti bekerja, belajar, menonton, bermain game dan sebagainya. 

Selain perangkat komputer atau disebut PC, Laptop juga merupakan pilihan yang tepat karena bersifat portable atau dapat dan mudah dibawa kemana saja. Faktanya masih banyak masyarakat bingung untuk memilih antara rakit PC atau membeli Laptop khususnya bagi mereka yang ingin memiliki perangkat yang tahan atau stabil untuk bermain game berat. Walaupun tidak selamanya perangkat digunakan untuk bermain game, setidaknya perangkat tersebut memiliki spesifikasi yang tinggi sehingga dapat menjalankan program-program berat yang dibutuhkan oleh pengguna. 

Jika kamu adalah salah satu orang yang bingung dalam memilih merakit PC atau membeli Laptop Gaming, mungkin penjelasan dibawah ini dapat memberikanmu jawaban yang tepat sehingga kamu tidak menyesal dengan pilihan yang kamu putuskan nantinya. 


1. Harga

Faktor pertama yang kamu perhatikan adalah harga, dalam memilih merakit PC atau membeli Laptop gaming. Harga Laptop Gaming memang memiliki harga yang mahal, kamu dapat membelinya mulai dari Rp. 15.000.000. Sedangkan untuk merakit PC, kamu cukup mengeluarkan dana dibawah Rp.10.000.000 saja kamu akan mendapatkan PC Gaming yang cukup untuk aktivitas gaming dan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan berat. 


2. Mobilitas

Bicara soal mobilitas, maka Laptop Gaming akan lebih unggul dibandingkan rakit PC Gaming. Laptop dapat dugunakan dan dibawa kemana saja, sedangkan PC hanya dapat digunakan dirumah. Jadi kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, jika kamu ingin memiliki perangkat yang memiliki mobilitas yang tinggi, Laptop adalah pilihan yang tepat. Sebaliknya jika kamu sering bekerja dirumah apalagi memiliki jaringan Wi-Fi pribadi, kamu dapat memilih rakit PC.


3. Upgrade

Laptop Gaming memang telah dibekali dengan spesifikasi tinggi yang sangat memungkinkan untuk dapat bermain game berat atau program-program berat sekalipun. Namun bicara soal upgrade, kamu hanya dapat meng-upgrade RAM dan Hardisk saja.  Berbeda dengan PC, kamu dapat mengupgrade seperti Prosesor, RAM, Hardisk, Fan, Motherboard, hingga Case yang lebih menarik ala-ala gamer. 

Jadi bicara soal upgrade, PC lebih unggul daripada Laptop. Kenapa? karena PC dapat di-upgrade dengan bebas maka sangat memungkinkan penggunanya dapat menggunakan prosesor terbaru yang dapat membuat performanya jauh lebih baik. 


4. Performa

PC atau Laptop Gaming memiliki performa yang tinggi, yang berbeda dengan perangkat komputer biasa. Namun jika dibandingkan, maka PC lebih unggul karena seperti yang telah kita bahas di point ke 3, yaitu PC dapat di-upgrade disegala bagian tanpa terkecuali termasuk inti komputer. 


Akhir kata, itulah penjelasan sederhana mengenai mending rakit PC atau beli Laptop Gaming. Jadi kesimpulannya kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhanmu saat ini. Untuk urusan mobilitas maka Laptop Gaming adalah pilihan yang tepat, sedangkan untuk pernagkat yang Upgradable PC Gaming sangat tepat untuk dipilih karena kamu dapat melakukan upgrade apa saja,  untuk meningkatkan performa maupun tampilan desktop yang lebih menarik seperti ala-ala gamer. 

Maria Agustina
Maria Agustina Writer & Accountant