Apa Itu Aplikasi Signal? Apakah Signal Lebih Aman Dari WhatsApp?

 

Apakah Signal Lebih Aman Dari WhatsApp?

gadgetmiaw.com - Baru-baru ini kita telah mengetahui berita tentang kebijakan baru WhatsApp mengenai privasi, membuat sebagian orang konsen terhadap data penting / pribadi dan banyak yang berniat untuk beralih ke aplikasi perpesanan lain. Hal ini juga dirasakan oleh Elon Musk yang merupakan pemilik perusahaan teknologi Tesla dan SpaceX. 

Karena kabar kebijakan baru WhatsApp yang akan berlaku pada 8 Februari mendatang, ia menyarankan para followernya untuk beralih ke aplikasi Signal, yang merupakan aplikasi perpesanan sekaligus rivalnya WhatsApp. 

Ternyata, ajakan untuk beralih ke aplikasi perpesanan lainnya yaitu aplikasi Signal membuat banyak orang ingin mencoba aplikasi tersebut lantaran Elon Musk merupakan tokoh paling berpengaruh didalam dunia teknologi. 

Apa Itu Signal?

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya mengenai aplikasi yang terdengar asing ini. Signal merupakan aplikasi perpesanan instan yang dapat digunakan secara gratis. Sekilas antarmukanya hampir serupa dengan WhatsApp termasuk fitur-fitur yang disediakan. Wajar saja karena kabarnya, Signal juga dibuat oleh developer yang sama. Signal dikembangkan oleh Signal Foundation yang merupakan lembaga nonpofit yang didirikan oleh Brian Acton yang merupakan Co-Founder WhatsApp pada tahun 2018 lalu saat dirinya hengkang dari Facebook.

Bagaimana Dengan Keamanan Privasi Di Aplikasi Signal? 

Signal Foundation menjelaskan bahwa ingin mengembangkan aplikasi perpesanan atau layanan komunikasi yang memprioritaskan privasi pengguna, dan mereka mengatakan bahwa Signal tidak menyimpan data pengguna sama sekali. Signal mengatakan bahwa aplikasi mereka menggunakan enkripsi ujung ke ujung atau disebut dengan end-to-end dengan sistem keamanan yang lebih terbarui atau modern. Jadi semua pesan maupun penggunaan layanan lain yang dilakukan setiap pengguna akan dienkripsi secara total. 

Selain itu, informasi pengguna sepetri nomor yang digunakan untuk registrasi / pendaftaran, foto profil, dan profil pengguna juga akan dienkripsi. Pada tahun 2018 lalu, Signal Foundation juga memperkenalkan fitur Sealed Sender yang dapat menyem bunyikan siapa pengirim pesan dan siapa penerimanya. Fitur ini akan semakin memproteksi metadata pengguna di sistem yang bernama back-end.

Fitur Apa Saja Yang Ada Di Aplikasi Signal?

Signal memiliki fitur yang sama persis yang disediakan di WhatsApp, seperti pesan teks, video, gambar, suara, gambar GIF, maupun dokumen. Selain itu Signal juga memiliki fitur bisukan / mute, video call personal maupun perkelompok maksimal hingga 5 orang. 

Signal juga memiliki fitur Disappearing messages untuk menghapus pesan otomatis, fitur ini juga ada di WhatsApp hanya saja di Signal pengguna dapat mengatur waktu kapan pesan akan dihapus secara otomatis mulai dari beberapa detik hingga seminggu. Sedangkan WhatsApp hanya bisa menghapus pesan secara otomatis secara default dalam waktu seminggu saja. 

Sayangnya, Signal tidak memiliki fitur status seperti WhatsApp yang cukup populer. Namun mengingat akhir-akhir ini banyak pengguna ingin mencoba layanan perpesanan Signal, bisa jadi fitur Status yang mirip dengan WhatsApp akan tersedia. 

Iska Maulana
Iska Maulana A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!