Kenapa HP Batam Bisa Murah? Begini Alasannya

 


gadgetmiaw.com - Pasti kamu sudah pernah menemui atau pernah melihat barang-barang yang dijual di situs E-Commerce memiliki harga yang jauh lebih murah. Atau pernah melihat akun-akun instagram yang menjual hp dengan harga yang sangat masuk akal, apakah kamu pernah berfikir barang yang dijual dengan harga yang sangat murah tidak masuk akal? 

Sebenarnya tidak ada yang salah, karena sebagian besar dan rata-rata barang-barang murah yang biasanya barang elektronik berasal dari Batam. Lalu kok bisa sih hp Batam bisa murah banget? yuk simak penjelasan berikut ini alasan-alasan kenapa hp di Batam bisa murah yang kami rangkum dari beberapa sumber. 


Alasan Kenapa HP Batam Bisa Murah

Batam Merupakan Kawasan Perdagangan Bebas

Bagi kamu yang belum tau, Batam merupakan daerah atau kawasan perdagangan bebas (Free Trade Zone) di Indonesia. Artinya Batam merupakan area yang spesial karena merupakan area pergudangan untuk melanjutkan pengeksporan. Jadi jika teman-teman awalnya sempat berfikir bahwa barang-barang Batam khususnya hp itu adalah ilegal, maka itu adalah salah. Barang-barang Batam contohnya adalah  hp, merupakan barang seken dari luar negeri, yang biasanya berasal dari singapore. 


Barang Batam Menjadi Ilegal Dijual Didalam Negeri

Dalam kawasan bebas ini diberlakukan kebijakan penghapusan atas rezim Bea Cukai, artinya barang-barang yang masuk ke Batam termasuk non-tarif alias bebas biaya pada perdagangan internasional. Beda halnya jika barang dari Batam di kirim ke luar Batam (dalam negeri), karena dianggap ilegal jika belum membayar atau melunasi tagihan Bea Cukai.


Apakah Membeli Hp Batam Secara Online Ilegal?

Menurut beberapa sumber, barang yang kita beli dari Batam secara online bukanlah barang ilegal. Ini dikarenakan setiap barang yang akan dikirimkan ke luar Batam telah dikenakan pajak oleh pihak ekspedisi pengiriman pada saat akan mengirim barang keluar Batam, itu sudah termasuk ongkos kirim juga loh.


Tidak Boleh Memborong Hp Dalam Jumlah Yang Banyak

Sebagai informasi tambahan, jika kamu ingin membeli hp langusng ke Batam, maka pihak bandara akan membatasi jumlah Hp yang akan kamu bawa pulang keluar batam. Kamu dapat membeli Hp disana maksimal sebanyak 5 unit saja, selebih dari itu kamu akan dianggap melakukan penyelundupan. Kamu dapat memasukan kedalam saku atau tas sebanyak 2 unit dan 3 unitnya lagi harus dimasukan kedalam bagasi. 

Nah, gimana sob? sudah pada tau kan kenapa hp Batam bisa murah bahkan sangat murah? ternyata memiliki alasan sendiri. Dan intinya hp Batam yang dijual dan dibeli secara online itu bukanlah barang ilegal, karena barang-barang yang akan dikirim keluar Batam sudah dikenakan tarif pajak oleh pihak ekspedisi beserta dengan ongkos kirimnya. 

Iska Maulana

A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!

Lebih baru Lebih lama