Apa Itu NFC? Simak Kelebihan dan Kekurangan NFC Yang Perlu Kamu Ketahui


Kelebihan dan Kekurangan NFC

gadgetmiaw.com - Bagi Anda pecinta dan penyuka gadget, istilah NFC pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda, teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1983 yang dipatenkan oleh Charles Walton. NFC yang merupakan singkatan dari Near Field Communication telah dibenamkan di banyak smartphone terbaru di kelas mid-range dan flasgship.

Near Field Communication yang artinya komunikasi nirkabel jarak dekat akan memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas tertentu. NFC hanya membutuhkan 2 perangkat untuk dihubungkan satu sama lain yang juga sudah support teknologi NFC. Satu perangkat berfungsi sebagai pemancar dan perangkat lainnya berfungsi sebagai penangkap sinyal.

Jadi singkatnya, NFC merupakan fitur protokol komunikasi jarak pendek yang dapat menghubungkan 2 perangkat elektronik satu sama lain. NFC dapat bekerja dengan jarak yang cukup pendek yaitu hanya berjarak 4 cm saja, sehingga kedua perangkat yang akan disambungkan harus berdekatan.

NFC bekerja dengan cara mengirimkan / menerima data melalui gelombang radio, cara kerjanya sangat berbeda dengan Bluetooth yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk bekerja.

NFC terbagi menjadi 2 yaitu NFC aktif dan NFC pasif. NFC yang tertanam di smartphone yang banyak kita jumpai di pasaran adalah NFC aktif, karena mampu mengirim dan menerima data.

NFC aktif pada smartphone sudah memiliki 3 mode NFC yaitu Reader / Writer yang fungsinya untuk membaca informasi misalnya mengetahui saldo E-Money, Emulasi Kartu yang berfungsi untuk melakukan pembayaran digital, dan terakhir Peer-to-Peer yang berfungsi sebagai transfer file. /data.

NFC pasif biasanya hanya dapat mengirim informasi, jadi NFC pasif tidak membutuhkan daya, seperti E-Money.

Kelebihan dan kekurangan NFC

Setiap hal memiliki kelebihan dan kekurangannya, terutama jika menyangkut teknologi. Nah pada artikel kali ini, kita akan membahas secara singkat kelebihan dan kekurangan NFC.

Kelebihan NFC

NFC dikenal luas sebagai teknologi yang dapat menghubungkan 2 perangkat dalam 2 arah, selain itu NFC juga dapat menerima informasi, tentunya koneksi NFC tidak tergantung pada jaringan. Untuk membuat koneksi berbeda dengan Bluetooth, karena NFC membutuhkan pairing terlebih dahulu kemudian menghubungkan kedua perangkat tersebut agar dapat terhubung.

NFC dapat digunakan sebagai media transfer data yang meliputi gambar, dokumen, nomor telepon dan lainnya dengan cara yang praktis.

Keunggulan lainnya adalah NFC juga dapat digunakan sebagai alat bantu pembayaran yang lebih mudah. Secara praktis, Anda hanya perlu menempelkan smartphone Anda ke perangkat tertentu yang juga menggunakan teknologi NFC, yang kemudian NFC akan menyediakan data yang Anda butuhkan sehingga proses pembayaran akan berlangsung lebih cepat. 

FYI, Apple Pay, Samsung Pay, dan Google Pay juga menggunakan teknologi NFC sebagai metode pembayaran.

NFC juga berguna untuk membaca data seperti smart card dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda bisa mengecek dan sekaligus bisa mengisi saldo untuk kartu E-Money atau E-Toll. Dengan cara yang sangat praktis dan Anda tidak perlu berpikir panjang, Anda hanya perlu menempelkan kartu di bagian belakang smartphone Anda kemudian Anda dapat mengisi saldo dengan jumlah yang Anda inginkan.

Kekurangan NFC

Perhatian utama NFC adalah transfer data yang membutuhkan waktu lebih lama daripada Bluetooth.

Teknologi NFC hanya bisa digunakan dengan perangkat lain (smartphone) yang sudah menggunakan teknologi NFC, sayangnya masih sedikit pengguna smartphone yang mendukung NFC di Indonesia.


Nah, itulah penjelasan pengertian NFC beserta kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu Anda semakin tahu apa itu NFC, cara kerjanya, serta kelebihan dan ruangnya.
Iska Maulana

A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!

Lebih baru Lebih lama