Semua Ponsel Google Pixel yang Akan Mendapatkan Android 15, Tapi....

Semua Ponsel Google Pixel yang Akan Mendapatkan Android 15


Pembaruan Android 15 akan segera hadir dan pastinya dipenuhi dengan fitur-fitur baru yang menarik. Jika Anda tertarik mencoba versi beta atau ingin tahu apakah ponsel Anda kompatibel, berikut daftar Pixel phone dan tablet yang secara resmi akan mendapatkan Android 15 dan yang tidak.

Setelah pengumuman awal di bulan Februari, Google merilis pratinjau developer kedua pada tanggal 21 Maret, dan akan ada beberapa pembaruan lagi hingga peluncuran globalnya. Setelah Google memperbarui banyak perangkat Pixel-nya, versi terbaru Android ini pada akhirnya akan diluncurkan ke berbagai macam ponsel dan tablet dari berbagai produsen seperti Samsung, OnePlus, Nothing, Motorola, dan lainnya.

Seperti yang diharapkan, pembaruan ini akan menyempurnakan pengalaman perangkat lunak yang kita semua kenal dan sukai. Nantikan peningkatan pada performa, privasi, keamanan, dan dukungan konektivitas satelit baru. Kita akan mempelajari lebih lanjut tentang perubahan lainnya dalam beberapa minggu mendatang atau di Google I/O 2024 pada bulan Mei.


Perangkat Pixel Mana yang Akan Mendapatkan Android 15?

Topik besar di dunia Android adalah pembaruan perangkat lunak dan berapa lama setiap ponsel akan mendapatkannya. Saat peluncuran Pixel 8, Google mengumumkan akan menawarkan dukungan perangkat lunak selama tujuh tahun, terdepan di industrinya, untuk ponsel tersebut. Sayangnya, pengguna Pixel yang lebih tua tidak akan mendapatkan perlakuan yang sama. Pada akhirnya, model Pixel yang lebih tua akan berhenti mendapatkan versi Android yang baru.

Selain Pixel 8 (dan Pixel 9 series yang akan datang), smartphone Google yang umurnya lebih tua hanya dijamin mendapatkan dukungan selama tiga tahun. Akibatnya, kehadiran Android 15 berarti beberapa ponsel Pixel yang lebih tua tidak akan ditingkatkan.

Anda akan mendapatkan Android 15 jika memiliki Pixel dari tahun 2021 atau lebih baru. Itu termasuk Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, Pixel 6a, Pixel 7, Pixel 7 Pro, Pixel 7a, Pixel 8 series, bersama dengan Pixel Fold dan Pixel Tablet. Selain itu, pada akhir tahun, kemungkinan besar kita akan memiliki Pixel 9 dan Pixel Fold 2, yang akan ditambahkan ke daftar.

Sayangnya, itu berarti pemilik Pixel 4 dan Pixel 5 series tidak akan menerima pembaruan ke Android 15 akhir tahun ini.


Tanggal Rilis Android 15 Beta

Ini adalah tahun baru, yang berarti versi Android lainnya hadir setelah berbulan-bulan pengembangan dan pengujian beta. Setelah pratinjau developer Android 15 kedua di bulan Maret, Google akan beralih ke pengujian beta publik pada bulan April dan merilis empat pembaruan sebelum akhirnya siap diluncurkan ke semua perangkat yang memenuhi syarat.

Beta Android 15 pertama kemungkinan akan tiba dalam dua minggu pertama April. Dan sementara kita mungkin melihat satu atau dua pembaruan perbaikan bug di sepanjang jalan, nantikan beta kedua utama lainnya di bulan Mei, dengan rilis yang lebih stabil di bulan Juni dan Juli.

Jadi, kapan Android 15 akan resmi dirilis ke publik? Jika peluncuran ini menyerupai peluncuran sebelumnya dan mengikuti jadwal di atas, tunggu pembaruan perangkat lunak over-the-air Android 15 pada pertengahan Agustus 2024.


Baca juga : Fitur Menarik Android 15 : Akan Hadirkan Fitur Bluetooth Menyala Otomatis


Pixel Lama Tetap Menerima Pembaruan Pemeliharaan

Menerima pembaruan perangkat lunak terbaru setiap tahun tidak hanya menarik, tetapi juga penting. Ini memastikan kinerja yang lancar, diharapkan menjadi fitur terbaru, dan meningkatkan keamanan. Hanya karena Pixel 5 yang lebih tua telah mencapai fase akhir masa pakai, bukan berarti tidak akan pernah mendapatkan pembaruan lagi.

Meskipun tidak akan mendapatkan pembaruan OS Android utama seperti Android 15, Anda mungkin masih mendapatkan pembaruan pemeliharaan kecil, pembaruan Google Play System, Pixel drops, dan hal lainnya untuk membuatnya tetap aman. Namun, pada akhirnya, perangkat tersebut tidak akan lagi menerima dukungan apa pun, dan setelah terlalu tua untuk menerima pembaruan, Anda perlu mulai berpikir untuk menggantinya.

Google bukan satu-satunya yang mendukung perangkat selama beberapa tahun. Setiap produsen memiliki masalah ini, itulah sebabnya Samsung baru-baru ini menyamai janji tujuh tahun Google, dimulai dengan Galaxy S24. Namun, beberapa ponsel lamanya akan mengalami situasi serupa dan tidak akan mendapatkan Android 15.