Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Shutdown

 

Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Shutdown

gadgetmiaw.com - Sebagian pengguna Windows 11 mengeluh karena laptop mereka tidak bisa mati atau Shutdown. Tak hanya dapat terjadi di Windows 11, bahkan masalah ini juga pernah terjadi pada Windows generasi-generasi sebelumnya. Penyebab kenapa Windows 11 tidak bisa di Shutdown biasanya dikarenakan ada masalah pada Software. 

Namun, mengingat Windows 11 masih tergolong baru tentunya masih banyak bug yang akan mengganggu kinerjanya. Maka disarankan untuk mengecek dan rutin mengupdate operasi sistem, guna untuk mempebaiki masalah-masalah bug yang ada. 

Windows 11 yang tidak mau mati atau Shutdown merupakan kondisi dimana pengguna sudah melakukan Shutdown dengan tombol yang tersedia di Start namun tidak menujukan reaksi apapun. Selian itu ada juga kasus dimana setelah melakukan Shutdown, prosesnya tak kunjung selesai. 


Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Shutdown

Bagi kamu yang sedang mengalami Windows 11 tidak bisa Shutdown atau di matikan, pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan beberapa langkah cara mengatasinya. Simak terus artikel ini sampai selesai sebagai berikut : 

1. Mematikan Windows 11 Dengan Tombol Power

Langkah pertama ketika laptop kamu dalam kondisi tidak bisa di matikan atau di Shutdown, kamu dapat mematikan dengan paksa melalui tombol Power laptop. Caranya sangat mudah, kamu cukup menekan dan memendam tombol Power selama beberapa detik hingga laptop mati. 

2. Mematikan Windows 11 Melalui Lock Screen

Cara mematikan Windows 11 yang tidak bisa di Shutdown berikutnya dapat kamu lakukan melalui Lock Screen. Saat laptop dalam kondisi Lock Screen, selain menampilkan kolom untuk memasukkan sandi, juga terdapat beberapa pilihan pada Icon tombol Power yang ada di sudut kanan bawah, diantaranya Shutdown, Resrtart, Sleep, dan Hibernate. 

Cara cepat untuk masuk ke mode Lock Screen adalah dengan menekan tombol Windows + L. Untuk mematikan laptop kamu cukup memilih Shutdown saja, ketika ingin mematikan dan menghidupkan kembali pilih Restart. 

3. Mematikan Windows 11 Dari CTRL + ALT + DEL

Caranya tidak jauh berbeda dari sebelumnya, untuk mematikan Windows 11 yang tidak bisa di shutdown kamu dapat menekan tombol CTRL + ALT + DEL, setelah itu akan muncul latar belakang hitam yang menujukan beberapa opsi. Pilih Shutdown untuk mematikan laptop. 

4. Mematikan Windows 11 Dari Command Prompt (CMD)

Jika kamu masih dapat mengakses Command Prompt, kamu juga dapat mematikan laptop Windows 11 yang tidak bisa di shutdown disini. Caranya sangat mudah, kamu cukup membuka Command Prompt lalu ketikkan shutdown /s lalu tekan Enter untuk menjalankan perintah Shutdown.



Akhir kata, itulah cara mengatasi Windows 11 tidak bisa Shutdown. Seperti yang sudah kita bahas diatas, masalah ini tidak hanya terjadi pada Windows 11 saja bahakan Windows generasi sebelumnya juga dapat mengalami tidak mau Shutdown. Rutinlah mengecek dan mengupdate Windows untuk mendapatkan perbaikan Bug atau masalah ada dari versi sebelumnya.