5 Rekomendasi Distro Linux Untuk Programmer Terbaik


gadgetmiaw.com - Linux merupakan sistem operasi yang bersifat Open Source yang lebih kompleks dibandingkan dengan sistem operasi lain. Linux memilki banyak keunggulan, yang membuatnya cukup diminati oleh Programmer. 

Saat ini Linux memilki ratusan Distro yang dikelola dan dikembankan secara rutin oleh para developer. Distro Linux memiliki tujuan yang berbeda-beda, ada yang diperuntukkan untuk penggunaan harian yang lebih Friendly bagi penggunanya, untuk game, desainer, dan programmer. 


Rekomendasi Distro Linux Untuk Pogrammer

Bagi kamu yang ingin menggunakan Linux untuk mengerjakan pekerjaan programmer pada umumnya, berikut adalah 5 rekomendasi distro Linux terbaik untuk programmer. 


1. Ubuntu

Distro Linux Untuk Programmer

Ubuntu merupakan distro yang cukup populer dibandingkan dengan distro Linux lainnya. Ubuntu sering digunakan oleh programmer, dimana distro ini sangat mendukung segala kegiatan atau pekerjaan yang berkaitan dengan koding. 

Ubuntu sangat cocok digunakan oleh programmer, karena lebih stabil dan kompleks. Ubuntu sudah mendukung ribuan paket aplikasi yang akan mempermudah penggunanya dalam melakukan kegiatan komputasi untuk berbagai kepeluan. Ubuntu sudah mendukung paket Snaps untuk software yang lebih baik. Menariknya lagi Ubuntu sudah mendukung 2 format paket, yaitu Snap dan Deb. 

Yang menariknya, Ubuntu memiliki komunitas yang besar loh! dengan begitu kamu tidak perlu khawatir jika mengalami masalah karena segala permasalahan yang akan kamu hadapi saat menggunakan Ubuntu kamu akan mudah menemukan solusinya. 


2. OpenSUSE

Distro Linux Untuk Programmer

OpenSUSE merupakan salah satu distri Linux yang paling banyak digunakan oleh programmer. Distro ini memilikibanyak fitur yang menarik, dan memiliki beberapa versi LTS. 

OpenSUSE memiliki 2 versi yaitu Leap dan Tumbleweed. Kedua versi tersebut memilki fungsi dan juga cara update yang berbeda. 

OpenSUSE memiliki YaST yang merupakan pusat kontrol yang memungkinkan penggunanya dapat lebih leluasa dalam mengatur dan memodifikasi sistem sesuai kebutuhan. 


3. Debian

Distro Linux Untuk Programmer

Debian adalah distro Linux yang sudah ada sejak tahun 1990 an. Distro ini merupakan distro yang sangat populer saat ini dan sudah banyak turuanannya. Debian memiliki keunggulan dalam segi performa, yang mampu memproses data dengan kompleks walaupun dalam jumlah yang besar. 

Debian juga merupakan sistem operasi yang ringan dan cocok buat digunakan pada perangkat yang memiliki spesifikasi yang cukup. Tampilannya yang user friendly sangat cocok untuk pengguna baru yang ingin mencoba menggunakan operasi sistem Linux. 

Yang menariknya Debian memiliki komunitas yang besar diseluruh dunia, dengan begitu kamu akan lebih mudah mendapatkan solusi ketika ada masalah atau hambatan saat menggunakannya. 


4. CentOS

Distro Linux Untuk Programmer

CentOS Merupakan varian dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL) yang dikebangkan secara Open Source oleh komunitas. OS RHEL ditujukan untuk perusahaan maupun organisasi besar yang akan mempermudah dan mendukung programmer untuk melakukan segala pekerjaannya. 

CentOS merupakan distro yang terbaik untuk server dan cocok digunakan untuk pengembangan sebuah aplikasi atau web. CentOS akan memberikan pengalaman yang menarik, dimana penggunanya dapat menikmati fitur-fitur terbaik yang dapat diakses secara gratis. 

CentOS sangat cocok digunakan oleh programmer, dikarenakan CentOS memiliki repositori software yang ultra lengkap yang dapat mendukung penggunannya untuk keperluan koding. CentOS memiliki akses ke pengelola paket YUM dan repositori Red Hat Software Collection (RHSCL). 


5. Fedora

Distro Linux Untuk Programmer

Selain CentOS, Fedora juga merupakan distro Linux dari RHEL. Fedora memungkinkan pengguna untuk mendapatkan rilis software Bleeding Edge, dikarenakan Fedora menyediakan sistem update otomatis yang akan membuat kamu akan terus mendapat paket aplikasi yang terbaru. 

Linus Torvalds yang merupakan pencipta Linux sendiri mengklaim Fedora merupakan OS yang memiliki performa yang baik dibandingkan dengan distro lainnya. Distro Linux ini memiliki portal dengan pengembangan khusus yang berisi panduan yang lengkap mengenai pengembangan aplikasi web, deskrtop, baris perintah, seluler, dan perangkat-perangkat Arduino. 

Fedora OS juga memiliki beberapa versi yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Diantara lain untuk membangun game, security, robotika dan lain sebagainya. Fedora memiliki beberapa versi yang terkenal, seperti Fedora Atomic, Server, dan Workstation.


Akhir Kata

Itulah beberapa rekomendasi distro Linux yang cocok digunakan untuk programmer. Kamu dapat memilih distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob!