GadgetMiaw - Blog Gadget dan Teknologi

Gadgetmiaw adalah situs yang membahas mengenai informasi, tips dan trik menarik seputar gadget.

Rekomendasi Distro Linux Ringan, Cocok Untuk Laptop Jadul

Rekomendasi Distro Linux Ringan,

gadgetmiaw.com - Setiap sistem operasi (OS) memiliki spesifikasi minimun untuk dapat dijalankan dengan optimal disebuah komputer. Megingat teknologi berkembang pesat, banyak sistem operasi yang mendapatkan update terbaru yang sudah memiliki fitur dan keamanan yang terbaru. 

Karena mendapatkan update-an terbaru membuat sistem operasi semakin berat dan tentunya spesifikasi minimum untuk menjalankan sistem operasi akan semakin tinggi dari sebelumnya. Dengan begitu sistem operasi ini tidak dapat dijalankan pada laptop jadul yang memiliki spesifikasi yang rendah. 

Namun, bagi kamu yang masih ingin menggunakan laptop jadul kamu dapat menggunakan sistem operasi Linux yang ringan yang dapat dijalankan di laptop jadul. 


Rekomendasi Distro Linux Ringan yang Cocok Untuk Laptop Jadul

Ada beberapa Distro Linux yang ringan yang cocok banget untuk komputer atau laptop jadul, berikut daftarnya : 

1. Xubuntu

Rekomendasi Distro Linux Ringan Xubuntu


Xubuntu adalah salah satu distribusi Linux ringan yang cocok untuk laptop jadul. Distribusi ini memiliki tampilan yang sederhana dan ramah pengguna, dan mengandalkan Xfce sebagai desktop environment-nya. Xubuntu memiliki performa yang baik meskipun dengan spesifikasi yang rendah.

Di website resminya, Xubuntu dapat dijalankan di komputer dengan spesifikasi minimum RAM 1 GB dan penyimpanan internal sebesar 8 GB saja. 


2. Lubuntu

Rekomendasi Distro Linux Ringan Lubuntu


Lubuntu adalah distribusi Linux ringan yang juga mengandalkan desktop environment LXDE. Distribusi ini memiliki tampilan sederhana dan memiliki performa yang baik meskipun dengan spesifikasi rendah. Lubuntu sangat cocok bagi mereka yang memiliki laptop jadul dan ingin mempercepat kinerjanya.

Untuk menjalankan Lubuntu, spesifikasi minimum komputer yang dibutuhkan adalah 700 Mhz Single Prosessor RAM sebesar 512 MB dan penyimpanan internal sebesar 5 GB saja.


3. Peppermint

Rekomendasi Distro Linux Ringan Peppermint


Peppermint adalah distribusi Linux ringan yang menggabungkan antarmuka web Peppermint dengan desktop environment LXDE. Distribusi ini memiliki performa yang baik meskipun dengan spesifikasi rendah dan sangat cocok bagi mereka yang ingin menjalankan aplikasi web dan desktop secara bersamaan.

Distro ini dapat dijalankan pada laptop dengan spesifikasi minimum 1 GB RAM da, 10 GB penyimpanan internal. 


4. Puppy Linux

Rekomendasi Distro Linux Ringan Puppy Linux


Puppy Linux adalah distribusi Linux ringan yang sangat cocok bagi laptop jadul. Distribusi ini sangat ringan dan memiliki tampilan sederhana. Puppy Linux sangat cocok bagi mereka yang ingin mempercepat kinerja laptop mereka tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Untuk dapat menjalankan distro ini, spesifikasi minimum untuk sebuah komputer adalah 300 MB RAM dan untuk penyimpanannya memakan ruang yang kecil untuk operasi sistem dan dapat disesuaikan. 


5. AntiX

Rekomendasi Distro Linux Ringan AntiX


AntiX adalah distribusi Linux ringan yang sangat cocok bagi laptop jadul. Distribusi ini memiliki tampilan yang sederhana dan memiliki performa yang baik meskipun dengan spesifikasi rendah. AntiX juga memiliki beberapa aplikasi yang berguna bagi mereka yang ingin menjalankan tugas sehari-hari.

Untuk dapat menjalankan AntiX, setidaknya komputer memiliki RAM sebesar 256 dan penyimpanan 5 GB. 


Kesimpulan

Apabila kamu memiliki laptop jadul dan ingin mempercepat kinerjanya, kamu dapat mencoba salah satu dari distribusi Linux ringan di atas. Semua distribusi ini memiliki tampilan sederhana dan performa yang baik meskipun dengan spesifikasi rendah. Pastikan untuk memilih distribusi yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan membuat laptop jadul kamu bekerja dengan baik.

Author Profile

About I.M

Anak teknik yang terobsesi dengan dunia Gadget.

Bottom Ads