5 Cara Mengatasi Tidak Dapat Menyimpan Foto Di Galeri Hp Android

5 Cara Mengatasi Tidak Dapat Menyimpan Foto Di Galeri Hp Android

gadgetmiaw.com - Bagi kamu pengguna hp Android, mungkin pernah mengalami masalah dimana tidak dapat menyimpan foto di Galeri hp Android kamu. Ini merupakan masalah umum yang kerap terjadi di Android. Bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini ketahui dulu penyebabnya dan ikuti langkah-langkah mengatasinya. 

Penyebab Tidak Dapat Menyimpan Foto di Hp Android

Pada masalah ini, ada beberapa penyebab yang mengakibatkan tidak dapat menyimpan foto di galeri hp Android : 
  • Kapasitas peyimpanan
  • Bug sistem Android
  • Masalah cache memori


Cara Mengatasi Tidak Dapat Menyimpan Foto di Hp Android

Berikut adalah beberapa langkah-langkah mengatasi hp Android tidak dapat menyimpan foto : 

1. Restart

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara Reboot atau Restart ulang hp Android kamu. Jika berhasil maka masalah tersebut hanya masalah bug pada sistem sementara saja dan dapat normal kembali setelah Restart. 


2. Format SD Card

Jika kamu menggunakan SD Card sebagai penyimpanan foto, maka kamu dapat memformat ulang SD Card dan coba pasang kembali dan lihat hasilnya. 


3. Hapus Cache Galeri

Smartphone menyimpan foto di Galeri, ketika tidak dapat menyimpan foto di hp Android mungkin masalahnya ada di aplikasi Gallery. Kamu dapat menghapus Cache Gallery di hp Andoid kamu, berikut caranya : 
  • Buka Settings
  • Aplication Manager
  • All Apps
  • Gallery 
  • Lalu scroll dan pilih Clear Cache


4. Update OS Android

Jika telah mencoba beberapa cara diatas, langkah berikutnya yang mungkin dapat mengatasi masalah ini adalah dengan mengupdate OS Android kamu. Kamu dapat mencoba mengupdate OS Android kamu di pengaturan / settings. 


5. Factory Reset / Reset Ke Pengaturan Pabrik

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi tidak dapat menyimpan foto di hp adalah dengan cara Factory Reset ataupun Reset ke Pengaturan Pabrik. Cara ini memungkinkan data-data di hp kamu akan terhapus, disarankan sebelum melakukan Factory Reset data-data di hp di Backup dulu ke memori atau perangkat lainnya. 


Akhir kata

Itulah beberapa cara mengatasi tidak dapat menyimpan foto di galeri hp Android. Hal seperti ini sering dialami oleh pengguna Android dan penyebabnya pun bermacam-macam. Ada yang dapat diatasi dengan cara merestart hp saja, dan ada juga yang dapat diatasi dengan cara melakukan Factory Reset atau Reset ke Pengaturan Pabrik. Semoga sedikit informasi ini dapat membantu ya!