Cara Mengatasi File PDF Yang Tidak Bisa Dibuka di Hp Android Dengan Mudah

Cara Mengatasi File PDF Yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara mengatasi file PDF yang tidak bisa dibuka di Android dapat dilakukan dengan mudah. File PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe. Format PDF ini merupakan format dokumen yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di dunia kerja maupun sekolah. 

Semua perangkat dapat membaca format dokumen PDF, baik itu Laptop, Smartphone, maupun Tablet. Namun sebagian pengguna sering atau setidaknya pernah mengalami adanya masalah dimana PDF tidak dapat dibuka di hp Android. 

Masalah seperti ini mungkin akan menjadi masalah yang serius, apalagi saat sedang genting ingin membuka dokumen PDF dengan cepat melalui hp. Sebelum mengatasi, simak dulu penyebab PDF yang tidak bisa dibuka di Android.

Penyebab File PDF Tidak Bisa Dibuka di Hp Andoid

Ada beberapa alasan kenapa file PDF tidak bisa dibuka di Android, diantaranya adalah : 

1. Dokumen Rusak

Penyebab pertama kenapa file PDF tidak bisa dibuka adalah karena file rusak (Corrupt). Biasanya ini disebabkan karena gagal pengunduhan atau pengunduhan tidak selesai atau adanya Malware. 

2. Tidak Memiliki Akses Membuka Dokumen

File PDF tidak bisa dibuka juga disebabkan karena kamu tidak memiliki akses untuk membukanya. Biasanya PDF yang terproteksi akan menampilkan pesan Pop-up yang meminta pengguna untuk mengsi Password atau sandi. 

3. File Dokumen Berukuran Besar

Alasan kenapa file PDF tidak bisa dibuka di Android selanjutnya adalah file PDF berukuran lebih besar. Hal ini akan menyebabkan konsumsi RAM lebih besar. Ini akan menyebabkan file PDF yang kamu buka akan terasa berat, dan saat menampilkan file akan terasa delay.

4. Aplikasi Pembaca PDF Rusak

Alasan berikutnya kenapa file PDF tidak bisa dibuka di Android karena aplikasi pembaca PDF rusak. Biasanya adanya terdapat bug pada aplikasi yang menyebabkan file PDF tidak bisa dibuka. 



Cara Mengatasi File PDF Yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Setelah mengetahui penyebab PDF yang tidak bisa dibuka, kamu dapat mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini : 

1. Install Aplikasi Pembaca PDF

Sebelum membuka file PDF pastikan hp kamu sudah memiliki aplikasi untuk membuka PDF. Biasanya setiap hp merk hp sudah memiliki pembaca PDF bawaan, namun jika sekiranya aplikasi bawaan bermasalah kamu dapat menginstal aplikasi PDF lainnya yang dapat kamu download di Playstore. 

2. Update Aplikasi Pembaca PDF

Cara mengatasi file PDF berikutnya adalah dengan mengupdate aplikasi pembaca PDF dengan yang baru. Kamu dapat mengupdatenya di Playstore, jika tidak ada opsi untuk update kamu dapat menggantinya dengan mendownload aplikasi pembaca PDF yang lain. 

3. Kompres Ukuran PDF Yang Berukuran Besar

Jika kamu ingin membuka file PDF yang berukuran besar di hp dan terasa berat dan delay, kamu dapat mengkompresnya dulu dengan tool yang tersedia di internet seperti smallpdf, ilovepdf atau dapat juga menggunakan aplikasi Nitro yang dapat kamu download di internet. 

4. Perbaiki File PDF Yang Rusak

Cara terakhir untuk mengatasi PDF yang tidak bisa dibuka adalah dengan cara memperbaiki file PDF. File PDF yang corrupt dapat disebabkan oleh malware, ataupun file dari sumbernnya memang sudah rusak. 

Untuk itu, kamu dapat mengatasinya dengan cara memperbaiki file PDF dengan tool yang disediakan di internet. Salah satunya adalah Repair PDF File dari ILovePDF yang dapat kamu akses secara gratis. Kamu cukup mengunggah file PDF yang rusak dan ikuti instruksinya dan tunggu beberapa saat hingga proses Repair selesai. 


Akhir Kata

Itulah beberapa cara mengatasi PDF yang tidak bisa dibuka di hp Android. Untuk mencegah file PDF yang rusak, pastikan file PDF sudah didownload dengan sepenuhnya. Jika file PDF berasal dari perangkat lain, pastikan proses penyalinan dari perangkat ke perangkat benar-benar selesai. Semoga informasi ini bermanfaat ya sob!