8 Distro Linux Yang Cocok Digunakan Untuk Pemula 2022

 

Distro Linux Yang Cocok Digunakan Untuk PemulaDistro Linux Yang Cocok Digunakan Untuk Pemula

gadgetmiaw.com - Selain operasi sistem Windows dan Mac, ada lagi operasi sistem yang dapat kamu coba gunakan yaitu Linux. Linux adalah operasi sistem yang dugunakan untuk komputer, smartphone, server, dan perangkat pintar. 

Linux adalah salah satu operasi sistem yang handal dan lebih aman. Karena Linux itu adalah sistem operasi Open Source, pengguna dapat mengembangkan, memodifikasi, hingga mendistribusikan kembali sceara bebas. 

Bagi kamu yang awalnya menggunakan Windows atau Mac dan ingin mencoba menggunakan Linux, berikut adalah 8 rekomendasi Distro Linux yang cocok digunakan untuk pemula. 

 

8 Distro Linux Yang Cocok Digunakan Untuk Pemula 2022 


1. Ubuntu 

Distro Linux Yang Cocok Digunakan Untuk Pemula 2022

Ubuntu adalah pilihan distro Linux yang cukup populer, dan cocok digunakan untuk pemula. Apalagi Ubuntu memiliki komunitas pengguna yang cukup besar, sehingga membuat dukungannya mudah ditemukan. 
 
Dengan adanya komunitas, kamu sebagai user Ubuntu juga dapat lebih mudah mendapatkan informasi tips dan trik, customisasi, hingga mengatasi masalah-masalah yang kamu temukan nantinya. 

Ubuntu hadir dengan berbagai aplikasi Open Source yang populer yang sudah terinstal otomatis saat menginstall Ubuntu. Beberapa diataranya seperti LibreOffice sebagai alternatif Microsoft Office, Firefox, Email Thunderbird, dan banyak aplikasi lainnya. 

Selain itu kamu juga dapat mendownload aplikasi lain yang kamu butuhkan di Store. Cocok bagi kamu yang ingin menggunakan Linux tanpa adanya kerumitan.

 

2. Linux Mint

 
Distro Linux Yang Cocok Digunakan Untuk Pemula 2022

Linux Mint merupakan distro Linux berbasis Ubuntu yang menggunakan Repositori yang sama dnega Ubuntu sehingga kamu dapat mengakses ke semua aplikasi yang sama. Linux Mint memiliki beberapa varian, diantaranya adalah, Linux Mint Cinnamon, Mate Editions, XCFE, dan yang terbarunya adalah Cinnamon Edge Editions yang mendukung perangkat keras terbaru. 

Linux Mint juga lebih ringan dari Ubuntu, Linux Mint menngkonsumsi RAM kurang lebih 512 MB dan penyimpanan 9 GB. Sangat cocok bagi kamu yang ingin menggunakan Linux namun memiliki spesifikasi laptop yang standar.

 

3. Zorin OS

Distro Linux Yang Cocok Digunakan Untuk Pemula 2022

Zorin OS juga merupakan distro yang berbasi Ubuntu yang diciptakan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik untuk penggunanya. Penciptanya ingin membuat pengguna Windows cepat beradaptasi dengan Linux dengan memberikan akses semudah mungkin. 

Zorin OS juga memiliki Store, yang dapat diakses oleh pengguna untuk menginstall aplikasi yang dibutuhkan. Zorin OS terdiri dari beberapa macam versi, yakni Zorin OS Lite, Core, dan Pro. Khusus untuk versi Pro, kamu harus membelinya dengan harga sebesar $39. Kelebihan menggunakan versi pro adalah, kamu dapat mengatur layout Desktop dengan berbagai macam model, seperti MacOS, Windows 11, Classic, dan Ubuntu. 

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi pada Windows dengan menggunakan Wine yang dapat kamu install di Store.


4. Deepin OS

Distro Linux Yang Cocok Digunakan Untuk Pemula 2022

Jika kamu memiliki laptop dengan spesifikasi yang lumayan, dan ingin menggunakan distro Linux yang memiliki antarmuka yang keren dan fresh, mungkin Deepin OS adalah salah satu pilihan yang tepat. 

Deepin OS juga merupakann distro Linux berbasis Ubuntu, sehingga kamu dapat menggunakannya dengan mudah. Sama seperti distro yang berbasis Ubuntu lainnya, Deepin OS sudah dilengkapi dengan Store, yang memungkinkan penggunanya untuk mendownload berbagai aplikasi disana. 

5. Manjaro

Distro Linux Yang Cocok Digunakan Untuk Pemula 2022

Manjaro adalah saah satu dari sedikit distro yang bukan berbasis Ubuntu, namun berbasis Arch Linux. Manjaro merupakan OS yang cepat dan sangat mudah digunakan untuk pemula, namun tidak semudah distro Linux yang berbasis Ubuntu. 

Manjaro memberikan beberapa versi dektop yang dapat kamu pilih sesuai dengan selera, seperti Plasma, XCFE, dan Gnome. 
 
Jika kamu ingin mencoba menantang diri menggunakan distro yang lebih rumit dan ingin sedikit tantangan, kamu dapat menggunakan Manjaro.

 

6. Elementary OS

Distro Linux Yang Cocok Digunakan Untuk Pemula 2022

Elementari OS merupakan distro Linux yang memiliki tampilan elegan seperti antarmua MacOS. Jika kamu ingin menggunakan tampilan desktop yang elegan mirip dengan MacOS, Elementary OS adalah pilihan yang tepat. 

Elementary OS memiliki aplikasi-aplikasi standar, namun jika aplikasi yang kamu inginkan tidak ada disana kamu dapat mendownload langsung di Elementary OS AppCenter.

 

7. Pop!_OS

Distro Linux Yang Cocok Digunakan Untuk Pemula 2022

Pop!_OS adalah distro Linux untuk pemula yang cocok digunakan untuk bermain game. FYI Pop!_OS juga merupakan distro Linux yang berbasir Ubuntu. Grafis Hybird berkerja dengan baik di distro ini, dan satu edisi Pop!_OS dirancang khusus untuk perangkat keras Nvidia. 

Sebagai distro yang hadir dengan beragam fitur yang diperlukan untuk bermian game, tentu ini bukanlah distro Linux yang ringan seperti distro-distro yang disebutkan sebelumnya. 

Pop!_OS juga dilengapi dengan toko aplikasi yan bernama Pop!_Shop, yang memungkinkan kamu menemukan sebagian besar aplikasi yang dibutuhkan. 

8. Cutefish OS

Distro Linux Yang Cocok Digunakan Untuk Pemula 2022

Cutedish OS adalah salah satu distro Linux yang dapat digunakan secara gratis yang berbasis Debian. Distro ini sedang tahap pengembangan, yang memiliki tampilan Desktop yang mirip dengan MacOS. 

Untuk menggunakan Cutefish OS yang memiliki atarmuka yang cantik dan elegan layaknya MacOS, setidaknya laptop kamu memiliki RAM minimal 4GB.



Itulah 8 distro Linux yang cocok digunakan untuk pemula dengan tampilan menarik dan sangat mudah digunakan untuk pemula.