Cara Mengatasi Laptop nge-Freeze Atau Macet Di Windows

 

Cara Mengatasi Laptop Freeze Windows 10 / 11

gadgetmiaw.com - Sebagian pengguna laptop khususnya yang menggunakan Operasi Sistem Windows, pernah mengalami masalah pada laptop yang nge Freeze atau macet sacara tiba-tiba. Tentu masalah seperti ini sangat mengganggu penggunanya, aplaagi sedang mengerjakan pekerjaan atau presentasi. 

Jika kamu mengalami masalah laptop yang nge Freeze secara tiba-tiba pada Windows 7, 8, 10 hingga 11, kamu dapat mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini : 


1. Tunggu Sesaat

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah, dengan menunggu sesaat saat laptop kamu nge Freeze atau macet. Mungkin ini disebabkan karena pada saat itu kamu sedang menggunakan satu atau lebih program yang mengkonsumsi banyak penyimpanan RAM dan sumber CPU laptop kamu. 

Tunggulah sekitar 5 hingga 10 menitan hingga sistem komputer kembali normal. Jika tidak kunjung normal kamu dapat mencoba cara pada point berikutnya. 

$ads={1}

2. Melakukan "End Task" dari Task Manager

Cara lain mengatasi laptop yang tiba-tiba nge Freeze atau macet adalah dengan cara menghentikan program yang berjalan secara paksa atau disebut End Task. 

Caranya cukup mudah, kamu cukup mengklik kanan pada Tool Bar Laptop kamu dan pilih Task Manager. Atau kamu dapat mengakan Task Manager dengan cara yang lebih praktis yaitu dengan menekan CTRL + Shift + ESC bersamaan. 

Setelah jendela Task Manager terbuka, kamu dapat melihat program mana yang mengkonsumsi banyak penyimpanan RAM daya CPU, atau biasanya program tersebut ada keternagan Not Responding. Klik program tersebut lalu klik End Task yang berada di sudut kanan bawah jendela Task Manager. 

Jika laptop kamu nge Freeze nya cukup parah sehingga tidak bisa mengakses Task Manager seperti cara diatas, kamu juga dapat mengaksesnya dengan cara menekan tombol CTRL + ALT + Delete secara bersamaan, kemudian pilih akan muncul beberapa pilihan yaitu Lock, Switch User, Sign Out dan Task Manager. Untuk mematikan program secara paksa kamu dapat memilih Task Manager dan lakukan End Task pada program yang menyebabkan laptop macet. 

3. Restart Kartu Grafis

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi laptop nge Freeze atau macet adalah degan cara merestart kartu grafis. Cara melakukannya cukup mudah, kamu cukup menekan tombol Windows + CTRL + Shift + B secara bersamaan. Setelah itu Windows akan menyegarkan layar dengan cara merestart kartu grafis laptop kamu. 

4. Shutdown

Cara mengatasi laptop nge Freeze terakhir adalah dengan Shutdown atau mematikan laptop kamu. Ini dilakukan jika sekiranya semua cara diatas tidak berhasil, kamu dapat menekan tombol power dan menekan beberapa detik hingga laptop kamu mati. 

$ads={2}

Akhir kata, itulah cara mengatasi laptop nge Freeze atau macet di Windows secara tiba-tiba. Jika laptop kamu sering mengalami masalah seperti ini, cobalah gunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop kamu. Karena jika kamu memaksa menggunakan aplikasi atau program yang berat pada laptop yang memiliki spesifikasi rendah atau standar, ini akan memaksa kinerja laptop dan masalah seperti nge Freeze akan terus berulang. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

I.M

A Content Creator, Design CAD 3D, i like all about Technology.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak