Apa Itu Teknologi LTPO Pada Layar? Simak Penjelasan dan Keunggulannya

Keunggulan layar LTPO AMOLED

gadgetmiaw.com - Banyak orang mengetahui ponsel yang menggunakan layar OLED merupakan jenis layar terbaik, apalagi angka refresh rate ditawarkan terbilang tinggi sehingga animasi gerakan atau scrolling sangat memanjakan mata. Ketika dipkasakan memakan refresh rate yang tinggi secara kontinyu, membuat daya baterai hp menjadi boros. 

Karena masalah itulah LTPO hadir untuk menyempurnakan teknologi yang sebelumnya dipakai. 

Apa Itu LTPO? 

LTPO (Low Temprature Polycrystalline Oxide), merupakan penyempurnaan dari teknologi layar OLED (Organic Light Emiting Diode) yang dikembangkan oleh Apple. 

Pada awalnya, layar OLED menggunakan teknologi LTPS (Low Temprature Poly Silicon) yang belum belum memiliki kemampuan adaptif pada refresh rate secara dinamis, jika tidak ditambah komponen pendukung. 

Nah, dengan begitu LTPO hadir untuk melengkapi kekurangan dari LTPS. Material ini memiliki kemampuan adaptif dalam menyesuaikan refresh rate sesuai dengan kebutuhan bahkan tanpa membutuhkan komponen pendukung. 


Keunggulan LTPO

Karena dapat merubah refresh rate secara dinamis, maka hal ini memungkinkan hp yang dibekali teknologi LTPO lebih hemat baterai. Misalnya ketika bermain game refresh rate masih diangka 120Hz, dan seketika berubah menjadi lebih rendah ke 10Hz saat pengguna ingin membuka notifikasi. Dengan kinerjanya seperti itu, maka secara otomatis dapat mengunrangi konsumsi daya baterai hp secara signifikan.


Di prediksikan bahwa banyak produsen akan berlomba-lomba menggunakan teknologi LTPO, untuk bersaing di pasar dalam sektor kenyamanan dan user experience para penggunanya.