Kelebihan USB Type C Yang Membuat Banyak Peminatnya

Kleebihan USB Type-C


gadgetmiaw.com -  USB terus berevolusi, ini berkat inovasi dari para produsen teknologi ponsel dan smartphone sehingga terciptalah USB Type C yang sering kita temukan dipasaran sekarang ini.  USB Type C ini pertama kali ada pada tahun 2014 silam, dan pertama kali mencicipi USB Type C ini adalah MacBook. 

Kurang lebih selama 3 tahun setelah perilisannya, USB Type C sudah disematkan di Laptop dan Ponsel yang menggunakan operasi sistem Android seperti yang sering kita temukan di pasaran. Tentu para produsen teknologi mau tidak mau harus mengikuti alur perkembangnya teknologi supaya mereka tidak menciptakan produk yang ketinggalan jaman. 

Bukan tanpa sebab, USB Type C ini sangat diminati oleh pengguna di seluruh dunia karena memiliki beragam kelebihan yang tidak dapat dtemukan pada USB Micro seperti sebelumnya. Berikut adalah beberapa kelebihan USB Type C yang harus kamu ketahui : 


1. Dapat Mengisi Baterai Lebih Cepat

Kelebihan pertana USB Type C adalah dapat mengisi baterai dengan lebih cepat. Jika USB Micro dapat mampu dialiri listrik sebesar 5 V dan 1.8 A, USB Type C ini mampu dialiri arus listrik lebih ebsar yakni sebesar 20V dan 5 A.

Maka dari itu USB jenis ini sering dianggap USB Fast Charging, yang tentu karena kelebihan yang satu ini USB Type C ini dapat menarik minat masyarakat luas. 


2. Memiliki Desain Reversible

Berbeda dengan USB Micro, desain USB Type C ini lebih efisien karena dapat digunakan secara bolak-balik. Ini menjadi desain yang khas USB jenis ini, yang akan mempermudah penggunanya. 


3. Dapat Mentransfer Data Lebih Cepat

Kelebihan ketiga adalah, USB Type C dapat mentransfer data lebih cepat dibandingkan dengan USB Micro. Bahkan USB Tyoe C ini diklaim memiliki kemampuan transfer data hingga 10 Gbps. Hal ini tentunya akan menjadi sesuatu yang menarik bagi masyarakat, karena tak perlu menunggu waktu yang lama data dapat ditransfer dengan cepat dan menghemat waktu. 


4. Ukuran Lebih Kecil

Hija dibandingkan dengan USB Micro, USB Type C ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan pipih. Ini membuatnya lebih unggul, apalagi konektor pada USB Type C ini dapat berfungsi dengan baik diberbagai perangkat elektronik, termasuk komputer dan smartphone. 

5. Lebih Tahan Lama

USB Type C selain memiliki beberapa keunggulan, ternyata memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan USB Micro. USB jenis ini diklaim mampu dipasang dan dilepas sebanyak 10 ribu kali. Dengan begitu, bagi kamu pengguna USB Type C tidak perlu khawatir, karena USB Type C ini lebih tahan lama dan awet karena didesain sedemikian rupa hingga memiliki durabilitas yang tinggi. 


Akhir kata, itulah beberapa kelebihan USB Type C yang yang harus kamu ketahui. Mungkin USB Type C kedepannya akna menjadi port USB starndar, dan sekarang kita dapat melihat banyak perangkat elektronik yang telah disematkan USB Type C oleh produsennya.