Kelebihan Menggunakan Search Engine DuckDuckGo

Kelebihan Menggunakan Search Engine DuckDuckGo


gadgetmiaw.com - Apakah kamu pernah mendengar mesin pencari DuckDuckGo? mungkin sebagian orang sangat awam dengan mesin pencari dengan logo bebek ini, dikarenakan Google adalah mesin pencari yang sangat populer di kalangan masyarakat. 

Sama seperti search engine lainnya seperti Google, Yahoo, dan Yandex. DuckDuckGo akan membantu pengguna dalam mencari informasi di internet. Namun tahukah kamu DuckDuckGo dianggap lebih aman dibanding dengan search engine lainnya? 

Tidak seperti Google, DuckDuckGo tidak melacak aktivitas online penggunanya, mengumpulkan informasi pribadi, dan cookies. Ini artinya, DuckDuckGo memberikan layanan yang lebih dibandingkan search engine yang lain khususnya soal privasi pengguna. 


Kelebihan Search Engine DuckDuckGo


1. Privasi Pengguna Aman

Kelebihan utama dan menjadikannya menjadi search engine paling aman karena DuckDuckGo dapat menjaga privasi penggunanya. Seperti yang telah kita bahas diatas, DuckDuckGo tidak mengumpulkan data atau informasi pengguna. Jadi pengguna yang melakukan pencarian menggunakan mesin pencari ini adalah sebagai anonim. 

Bahkan, DuckduckGo juga menyediakan sebuah tombol "Clear" yang berguna untuk menghapus riwayat pencarian, walaupun disini pengguna tidak akan menemukan fitur Riwayat Pencarian sama sekali. Selain itu DuckDuckGo juga tidak akan memberikan kata kunci yang di "Highlight" yang sebelumnya pernah dicari oleh penggunanya. 


2. Tidak Memiliki Banyak Iklan

Tidak seperti mesin pencari lainnya, DuckDuckGo tidak memiliki banyak iklan dan tentu ini akan meningkatkan user experience lebih baik dibandingkan dengan mesin pencari lainnya. Jangan heran jika kamu jarang menemukan iklan atau bahkan tidak menemukannya sama sekali, mungkin DuckDuckGo juga ingin memberikan kenyamanan pada penggunanya dalam melakukan pencarian informasi di internet. 


3. Dapat Mengecek Situs Yang Sedang Down

Bagi kamu yang peduli mengenai situs favorit kamu, kamu dpaat mengecek apakah situs yang dituju sedang down apa tidak. DuckDuckGo memiliki fitur tersembunyi untuk mengecek sebuah situs. Denngan menggunakan kata kunci "is (alamat situs) down" kamu dapat melihat informasi seberapa cepat respon dari situs yang dituju. 


4. Fitur Stopawatch

DuckDuckGo menyembunyikan sebuah fitur unik yang tidak ada di mesin pencari yang lain. Bagi kamu yang membutuhkan stopwatch, kamu dapat dengan mudah mengaksesnya dengan cara menuliskan kata "Stopwatch" kemudian Enter, maka akan muncul stopwatch yang dapat digunakan dalam waktu-waktu tertentu. Walapun fitur ini tidak begitu diperlukan, fitur ini cukup unik jika disematkan di mesin pencari yang dapat diakses dengan kata kunci sesuai dengan namanya saja. 


5. Tampilan Lebih Sederhana dan Mudah Digunakan

DuckDuckGo memiliki tampilan sederhana dan mudah digunakan oleh penggunanya. Apalagi iklan yang ditampilkan lebih sedikit atau tidak ada sama sekali, membuat pengguna menjadi lebih nyaman saat mengeksplorasi dalam dunia internet. 

DuckDuckGo memiliki sedikit pengaturan dan sederhana, yang seolah mesin pencari ini hanya berfokus pada meningkatkan user experience dengan baik dan tidak sulit digunakan oleh siapapun. 


Akhir kata, itulah beberapa kelebihan DuckDuckGo yang harus kamu ketahui. Jadi kelebihan utama yang paling mencolok pada DuckDuckGo adalah, tidak menampilkan banyak iklan atau tidak ada sama sekali dan tidak melakukan pengumpulan data pengguna yang artinya dapat menjaga privasi penggunanya.