5 Jenis Foto Yang Sebaiknya Tidak Dibagikan Di Internet

 

Jenis Foto Yang Sebaiknya Tidak Dibagikan Di Internet

gadgetmiaw.com - Jaman sekarang, memotret adalah suatu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh orang banyak, apalagi disaat momen-momen indah, kejadian menarik, sekedar pamer dan alasan lainnya. Semua foto yang telah diambil bisa menunjukan kepada publik dengan membagikan ke media sosial. 

Tahu kah kamu? ternyata tidak semuanya foto harus dibagian di internet. Ini dikarenakan menyangkut privasi yang mungkin saja dapat membahayakan kamu maupun keluargamu. Namun, foto jenis apa sih yang sebaiknya tidak dibagikan di internet? yuk simak guys !


1. Kartu Identitas

Bukan lagi rahasia umum, kartu identitas mengandung data atau informasi pribadi yang cukup penting, dan seharusnya harus dijaga. Didalam kartu identitas terdapat nama lengkap, nomor identitas, alamat, dan tempat tanggal lahir. 

Informasi yang ada pada kartu identitas, dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Bisa jadi kartu identitas kamu digunakan untuk keperluan pinjol (pinjaman online), atau jenis-jenis kejahatan lainnya yang tentu akan sangat merugikanmu. 


2. Wajah Anak-anak

Siapa sih yang tidak suka sama anak-anak? hampir semua orang suka dengan anak-anak karena mereka dapat bertingkah lucu dan memiliki wajah yang menggemaskan. Tak heran, banyak orang yang suka memotret atau memrekam anak-anak yang sedang bermain. Namun, percayakah bahwa wajah anak-anak termasuk ke dalam daftar foto yang sebaiknya tidak dibagikan di internet? 

Penyebabnya adalah, wajah anak-anak yang dibagikan di internet berpotensi akan membayakan mereka. Pasalnya, banyak tindak kejahatan yang akan menimpanya, mulai dari Bullying, pedofil yang sangat terobesi dengan anak-anak, atau bahkan tindak penculikan. 


3. Dokumen Perusahaan

Jika kamu suka membagikan foto-foto aktivitas saat bekerja di media sosial, sebaiknya mulai sekarang kamu harus lebih berhati-hati. Jika kamu hanya membagikan fotomu sata bekerja, maka itu bukanlah masalah. Namun masalahnya disini adalah, bagi kamu yang hobi menunjukan dokumen perusahaan yang akan mebahayakan perusahaan tersebut. 

Pada dasarnya, kamu tidak memiliki hak untuk membagikan dokumen perusahaan di media sosial. Karena dokumen perusahaan yang berisi informasi penting bukanlah milikmu, dan tindakan membagikan foto dokumen perusahaan juga akan merugikan perusahaan karena informasi ini dapat digunakan oleh kompetitor untuk menyerang perusahaan yang telah kamu rugikan. 

4. Kartu Kredit dan Sip Gaji

Jika kamu sering berselancar di media sosial, seperti facebook, instagram maupun twitter, pastinya kamu sering melihat banyak pengguna media sosial yang pamer. Mereka bisanya memposting foto mobil baru, rumah baru, motor baru, nongkrong di cafe mewah, dan lebih parah lagi foto kartu kredit dan slip gaji yang semata-mata bertujuan untuk pamer. 

Mengapa katu kredit dan slip gaji masuk ke dalam daftar ini? 

Ini dikarenakan akan mengundang tindak kejahatan yang akan merugikanmu sendiri. Hindari foto yang mendeskripsikan informasi keuangan, atau tabunganmu, seperti slip gaji, nama bank, kartu kredit dan lain sebagainya. 

5. Boarding Pass

Pada saat liburan, belum lengkap rasanya jika tidak mengambil gambar yang menarik, dengan pemandangan yang eksotis, dan keren dna dibagikan ke media sosial, tentu ini tidak menjadi masalah. 

Namun permasalahannya adalah, disaat kamu suka membagikan foto Boarding Pass ke media sosial yang tujuannya sekedar pamer. Boarding Pass mengandung kartu identitas, lokasi tujuan, tempat & tanggal lahir, informasi pesawat yang kamu naiki, dan lain sebagainya.

Tentu hal ini juga dapat mengundang tindak kejahatan, data-data tersebut dapat menjadi sesuatu yang menarik yang akan digunakan oleh hacker dalam upaya mencuri identitasmu. 


Akhir kata, itulah beberapa jenis foto yang sebaiknya tidak dibagikan ke internet karena akan membahayakanmu dan juga keluargamu. Jika kamu pernah melakukan atau membagikan jenis-jenis foto yang sudah kita bahas diatas, sebaiknya kamu lebih berhati-hati dan berhenti mempublikasikan foto yang berkaitan dengan identitas diri.