Sebelum Membelinya, Simak Dulu Kelebihan Dan Kekurangan iPhone 6


gadgetmiaw.com - Sadar atau tidak, walaupun Apple trus mengeluarkan smartphone barunya, ternyata masih banyak yang menggunakan iPhone 6. Hanya saja, iPhone 6 kebanyakan digunakan oleh masyarakat menengah kebawah sebagai ponsel pintar yang digunakan untuk harian yang diproduksi oleh Apple yang merupakan brand ternama itu sendiri. 

Ini bukan tanpa sebab, ternyata iPhone 6 ini memiliki beberapa keunggulan yang sangat disukai oleh masyarakat terutama kamera. Untuk harga secondnya saja iPhone 6 sudah menyentuh angka 2 jutaan bahkan dibawah 2 jutaan di pasaran. Harga segitu bisa dapet hp yang lumayan bagus? why not? 

Untuk lebih lengkapnya, yuk kita ulas beberapa kelebihan dan kekruangan iPhone 6. Bagi kamu yang ingin membeli iPhone 6 sebaiknya simak terus artikel ini sampai selesai ya !



Kelebihan iPhone 6

Body Bermaterial Metal

Sebelumnya, Apple pernah menggunakan casing berbaan plastik pada iPhone 5C dan ternyata penjualannya kurang laris dipasaran. Mungkin Apple mendapatkan pelajaran berhharga sehingga tidak lagi menggunakan material plastik untuk material produk smartphone yang mereka buat. iPhone 6 sudah menggunakan casing bermaterial metal yang terlihat kokoh dan mewah, namun melihat statusnya sekarang tentu saja iPhone 6 dianggap sebagai hp termurah. iPhone 6 memiliki berat 129 g dengan ketebalan 6,9 mm, sekiranya tidak berat-berat amat untuk digenggam. 

Kualitas Kamera Yang Bikin Android Seangkatannya "Angkat Topi"

Apple memang tidak main-main untuk urusan kamera. Walaupun Apple tidak ingin berperang melalui berapa megapixel kamera dari banyak kompetitornya, namun kualitas kamera patut diacungi jempol. Kamera utamanya hanya 8 MP namun dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam dan lebih baik dari hp pintar besutan para kompetitornya. Sedangkan untuk kamera depannya, iPhone 6 dibekali dengan kamera yang beresolusi 1.2 MP yang sudah dilengkapi dengan BSI Sensor dan mode HDR. 

Sensor Sidik Jari

Touch ID Fingerprint Sensor atau sidik jari merupakan salah satu fitur unggulan iPhone 6 pada masa-masa jayanya. Sensor ini terletak pada tombol Home, yang akan memproteksi ponsel dari orang-orang yang ingin mengaksesnya. 

Konektivitas Cukup Lengkap

iPhone 6 sudah dibekali dengan konektivitas yang sudah mendukung beberapa jenis jaringan yang sering diginakan di masa kini, seperti 2G. 3G, hingga 4G. Jaringan 4G pada iPhone 6 juga usdah mendukug Category 4, ini artinya ponsel ini mampu melakukan pengunduhan dengan kecepatan 150 Mbps, menarik ya !

Penyimpanan Besar

iPhone 6 menyediakan beberapa pilihan penyimpanan, yakni 16 GB, 32 GB, 64 GB dan 128 GB yang dieperuntukan untuk penyimpanan data sistem dan data penggunanya. Berbeda dari Android, ponsel ini tidak memakan banyak memori untuk penyimpanan data untuk sistemnya. 

Performa Tidak Main-Main

Walaupun hanya menggunakan Chipset iOS A8 Dual Core 1.4 GHz, GPU PowerVR GX6450 (Quadcore graphic) dan hanya menggunakan RAM sebesar 1 GB saja, ponsel ini dapat menyaingi rival-rival seangkatannya yang sudah menggunakan RAM 2-3 GB dengan jumlah inti prosesor yang lebih banyak. 


Kekurangan iPhone 6

Tidak Dilengkapi Slot MicroSD

Hal ini akan menjadi masalah jika kamu membeli ponsel ini yang dibekali dengan memori 16GB, mungkin jika memilih varian diatasnya maka ini bukan masalah lagi. Hal ini menjadi masalah lantaran membatasi kapasitas memori, dan kamu hanya dapat menyimpan data yang serba keterbatasan. 

Tidak Support Merekam Kualitas 4K

Untuk urusan video, iPhone 6 kalah telak dengan para kompetitornya yang sudah mendukum perekaman berkualiyas 4K. Selain itu yang menjadikan iPhone 6 ini kalah dalam hal perekaman video, iPhone 6 merekam masih menggunakan suara mono tidak seperti para kompetitornya. 

Fitur Standar Tidak Lengkap

Jika dibandingkan dengan para kompetitornya, iPhone 6 merupakan ponsel yang kekurangan fitur standa yang ada dalam smartphone pada umumnya, sepetri Sepaker Setero, Port Infrared, Wireless Charging, dan FM Radio. Mungkin ini tidak bermasalah bagi sebagian orang, namun alangkah baiknya fitur ini tetap disediakan pada smartphone besutan Apple yang kini menjadi hp pintar sejuta umat. 

Fungsi NFC Yang Terbatas

Kabar baiknya, iPhone 6 sudah dibekali dengan fitur NFC. Kabar buruknya fungsi NFC di iPhone 6 ini sangat terbatas karena hanya dapat digunakan untuk Apple Pay saja. Padahal NFC lebih banyak kegunaannya seperti yang sudah saya jelaskan dalam artikel ini

Desain Kurang Menarik

Kekurangan iPhone 6 selanjutnya adalah memiliki desain yang kurang menarik. Ponsel ini memiliki Bezzel tertalu besar, screen-to-body rationya saja hanya 65,8%, sedangkan kompetitor lainnya sudah 70% keatas. 

Nah, akhir kata sekian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 6,. Mungkin informasi dalam artikel ini sangat berguna bagi kamu yang akan membeli iPhone 6 dan dapat memberikan keputusan, apakah hp ini masih worth it buat dibeli? 


Iska Maulana
Iska Maulana A Content Creator, Designer CAD 3D & Mechanical Engineering. I like technology!