5 Cara Mencegah Dan Mengatasi Hp Panas (Overheat)


5 Cara Mencegah Dan Mengatasi Hp Panas (Overheat)


gadgetmiaw.com - Semua orang saat ini terlalu bergantung pada ponsel, baik itu digunakan untuk bekerja, belajar bahkan bermain game. Pernahkah kamu menggunakan ponsel selama berjam-jam? mungkin semua orang pernah merasakannya, misalnya merekam video yang sangat lama kepada yang main game yang lupa waktu yang akan membuat gadget kamu terasa panas. Secara teknis ini keadaan ini dinamakan Overheating, lalu bagaimana caranya mencegah hp panas? dan bagaimana cara mengatasi hp yang terlanjur panas? Yuk disimak terus artikel ini ya guys!


5 Cara Mencegah Dan Mengatasi Hp Panas 

1. Jangan mengisi baterai di bawah paparan sinar matahari

Biasanya kafe menyediakan gerai untuk kebutuhan para pengunjungnya, termasuk kafe outdoor atau resto yang menyediakan stopkontak diluar ruangan. Hal ini perlu diperhatikan, jika kamu mengisi baterai kamu harus memperhatikan tempatnya juga guys! Jika kamu sering mengisi daya di bawah paparan sinar matahari, ponsel kamu akan rentan rusak karena suhu ponsel kamu meningkat dan merusak bagian dalam ponsel kamu.

2. Jangan menelepon terlalu lama!

Mungkin akan lebih bagus jika kita bisa berkomunikasi dengan teman, keluarga atau pasangan melalui telepon, karena asik mengobrol dengan beragam topik pembahasan sampai membuat hp panas. Saran yang tepat, untuk tetap dapat berkomunikasi dengan lawan bicara kamu harus memberikan jeda dan melanjutkannya beberapa menit kemudian, dan perlu diingat, jangan mengisi daya hp kamu saat menelpon atau Video Call ya!

3. Redupkan kecerahan layar ponsel kamu

Pencahayaan layar yang terlalu tinggi juga akan membuat hp kamu cepat kepanasan, karena ini akan cepat menguras baterai hp mu. Karenanya, hp kamu akan bekerja lebih keras dan membuat hingga terjadilah overheat

4. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Tips ke 4 adalah yang paling sederhana, namun banyak orang jarang memperhatikannya, jika kamu sudah menggunakan aplikasi maka sebaiknya tutup aplikasi tersebut sepenuhnya. Walaupun kamu merasa sudah menutup aplikasi hanya dengan menekan tombol Home di hp, yang sebenarnya terjadi adalah aplikasi tersebut belum menutup sepenuhnya, alias masih berjalan di latar belakang. 

Setiap ponsel memiliki cara berbeda untuk melihat aplikasi yang masih berjalan di latar belakang, ada yang memendam tombol Home, atau tombol-tombol disebelah kanan atau kiri yang biasanya ditandai dengan icon berbentuk kotak seperti layar. Untuk mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakanmg kamu dapat menggesernya kesamping, atau mengklik logo "X" yang muncul di layar. 

5. Matikan HP kamu jika sudah terlalu panas

Jika kamu sedang bermain hp kemudian hp kamu terlanjur overheat, maka cara terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan mematikan hp kamu beberapa saat hingga suhu hp kamu kembali normal. Untuk saat ini jangan letakkan hp kamu di tempat yang sempit seperti kantung celana, sebaiknya letakkan hp kamu di tempat terbuka dalam waktu 10 menit. Jika perlu, lepas casing dengan bahan karet atau anti retak untuk mempercepat suhu hp kamu kembali normal.

Itulah beberapa cara mencegah dan mengatasi hp panas (Overheat). Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kamu supaya mereka tau apa yang kamu tau. 
Maria Agustina
Maria Agustina Writer & Accountant