2 Cara Mempercepat Transfer Data Di Komputer , Dijamin Ampuh !

gadgetmiaw.com - Saat mentransfer data dari komputer ke flashdisk maupun sebaliknya, bisasanya memakan waktu yang cukup lama. Ini memaksa kita untuk terus menunggu hingga proses transfer data selesai, apalagi jika dalam waktu mepet hal ini sangat mengkhawatirkan. 

Semakin banyak ukuran data yang akan pindahkan, semakin lama pula proses pemindahannya. . Selain membosankan, menunggu selesainya proses pemindahan data yang besar ini tentunya akan menyita waktu kita yang sangat berharga. 

Nah, untuk mengatasi hal ini, pada kesempatan kali ini gadgetmiaw.com akan memberikan 2 cara untuk mempercepat transfer copy atau mentransfer file berukuran besar dengan mudah.

1. Menggunakan TeraCopy

2 Cara Mempercepat Transfer Data Di Komputer


Bagi kamu yang belum tahu, TeraCopy merupakan aplikasi pihak ketiga yang berfungsi untuk mempercepat proses transfer file di komputer. TeraCopy diklaim dapat mentransfer file lebih cepat daripada utilitas dari Windows, yang menarik lagi aplikasinya dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Kamu dapat mendownload TeraCopy disini.

Setelah mengunduh TeraCopy, ikuti instruksi untuk instalasi. Setelah aplikasinya terinstal maka kamu dapat mencoba mentransfer file baik itu besar atau kecil, kemudian rasakan perbedaannya.

2. Mengubah Format Flash Disk / Hard Drive ke NTFS

Kebanyakan Flash Disk atau Hard Drive diatur dalam format FAT32. Untuk informasi tambahan, FAT32 adalah singkatan dari File Allocation Tabel 32, FAT adalah sistem file yang menggunakan metode struktur tabel alokasi file sebagai metode untuk beroperasi. FAT32 adalah sistem tertua jika dibandingkan dengan NTFS.

Sementara NTFS adalah singkatan dari New File System Technology, NTFS juga diklaim bekerja lebih dari FAT32 karena bekerja cukup sederhana.

Untuk mengonversi format Flash Disk atau Hard Drive ke format NTFS, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Sebelumnya pastikan Flash Disk atau Hard Drive kamu kosong
  2. Kemudian Klik kanan pada partisi Flash Disk atau Hard Drive
  3. Klik Format
  4. Kemudian kamu akan melihat Dropdown yang mengatakan Sistem File dengan berbagai pilihan format, pilih NTFS
  5. Periksa Quick Format lalu klik Start dan proses format biasanya berlangsung beberapa detik
                Itulah 2 Cara Mempercepat transfer data di komputer dengan mudah, jadi kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu TeraCopy, atau mengubah format Flash Disk atau Hard Drive ke format NTFS. Setelah menggunakan cara diatas, proses transfer file tentunya akan lebih cepat dari biasanya.
                Maria Agustina

                Writer & Accountant

                Lebih baru Lebih lama