Tergoda Tecno Pova 5 Pro? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

 

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 5 Pro 5G

gadgetmiaw.com - Tecno Pova 5 Pro 5G merupakan salah satu hp gaming yang cukup populer saat ini. Hp ini merupakan hp gaming kelas menengah dengan harga yang sangat terjangkau, namun spesifikasinya yang terkomposisi didalamnya yang membuat alasan kenapa hp ini sangat worth it buat dibeli. 

Hp ini sudah banyak  direview diberbagai platform media sosial, tentu saja terdapat kelebihan dan kekurangan pada hp ini. Tentu saja banyak yang Pro dan Kontra mengenai layaknya hp ini dibeli atau tidak. 

Tampilannya cukup memukau, dengan desain yang nyentrik ala-ala gaming dilengkapi dengan lampu RGB ternyata mampu menggaet pasar hp gaming dikelas menengah dengan performa yang oke banget. 

Bagi kamu yang mulai tergoda dengan hp ini, yuk simak dulu kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 5 Pro 5G untuk jadi pertimbangan!


Kelebihan Tecno Pova 5 Pro 5G

a. Desain Nyentrik

Hp ini memiliki desain dan fitur RGB yang keren dan nyentrik ala-ala hp gaming . Menurut saya desain yang dimiliki punya karakteristik tersendiri, mengenai lampu RGB dibagian belakang dapat dikustomisasi atau bahkan dimatikan sekalipun. Sangat adjustable sehingga hp ini sangat adaptif untuk semua kalangan.

b. Sudah Menggunakan Chipset Dimensity 6080

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 5 Pro 5G

Hp yang dibanderol 2 jutaan ini sudah menggunakan chipset Dimensity 6080, FYI chipset ini merupakan Rebranding dari Dimensity 810. Chipset ini dianggak tangguh untuk hp gaming 2 jutaan, apalagi sudah mendukung jaringan 5G tidak seperti pendahulunya. 

c. Penyimpanan Besar

Untuk hp 2 jutaan dapat hp dengan penyimpanan 8/256 sudah bagus, yang menariknya lagi hp ini memiliki fitur untuk meningkatkan kapasitas RAM dengan total maksimal 16GB (8 GB +8 GB). Penyimpanan 256 GB sudah standar UFS 2.2 loh!

d. Refresh Rate 120Hz

Bicara soal layar, Tecno Pova 5 Pro sudah mendukung Refresh Rate 120Hz sudah FHD yang membuat transisi layar ini mulus banget yang nyaman di mata. Refresh rate ini dapat diatur mulai dari 60Hz -120Hz atau dapat diatur secara otomatis berdasarkan kebutuhan aplikasi. 

Hp ini juga memiliki ukuran layar lebih besar dari pendahulunya Pova 4 Pro yang berukuran 6,66 inch, sedangkan Tecno Pova 5 Pro 5G memiliki ukuran layar 6,78 inch. 

e. Daya

Bicara soal daya, hp ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang dapat bertahan hampir seharian penuh.  Jika Tecno Pova 4 Pro dibekali dengan Fast Charging 45 W, namun Tecno Pova 5 Pro 5G membawa peningkatan karena dibekali dengan Fast Charging 68 W yang diklaim mampu mengisi daya baterai hingga 50% dalam waktu 15 menit saja. 

Yang menariknya, ada fitur Bypass Charging, dimana pengguna dapat bermain game sambil di cas tanpa khawatir baterai soak dan hp cepat panas. Hp ini juga memiliki fitur yang menarik lainnya yang berkaitan dengan daya, hp ini akan memberikan peringatan ketika mendeteksi ada benda asing seperti cairan dan sebaainya yang masuk kedalam port charging. Hp ini juga dibekali dengan Hardware STS sehingga dapat mereduce resiko korsleting.


Kekurangan Tecno Pova 5 Pro 5G

a. Tidak Memiliki Ultrawide

Hp ini memiliki minus di sektor fotografinya, dibandingkan dengan rivalnya dikelas yang sama yang sudah memiliki kamera Ultrawide Tecno Pova 5 Pro 5G malah absen. FYI hp ini memiliki kamera utama dengan sensor 50 MP AI Wide-angle yang sudah mendukung fitur PDAF yang mampu merekam video 1080p dan 1440p (2K) 30 FPS.

b. Bobot Berat

Hp ini memiliki bobot yang cukup berat jika dibandingkan dengan berat-berat hp jaman sekarang, hp ini memiliki bobot 220 gram. 

c. Kapasitas Baterai di Downgrade

Pova 5 Pro 5G mengalami penurunan kapasitas baterai dibandikan dengan pendahulunya yang memiliki 6.000 - 7.000 mAh. Namun tampaknya Tecno mengorbankan kapasitas baterai dan menggantinya dengan kemampuan Fast Charging 68 W. 

d. Layar Belum Amoled

Sangat disangkan, dengan spesifikasi yang mampu membabat game-game besar, hp ini masih menggunakan layar berpanel IPS yang kalah saing dengan rival sekelasnya yang sudah menggunakan layar AMOLED dan sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass. 

Kesimpulan

Dengan hp dengan spesifikasi gaming yang bersaing dikelas menengah, menurut saya Tecno Pova 5 Pro 5G ini masih Worth it dibeli. Namun sayangnya hp ini belum menggunakan layar AMOLED sehingga warna yang ditampilkan masih kurang padu. Untuk kamu yang tidak mempermasalahkan panel layar yang digunakan, mungkin ini adalah salah satu hp yang harus dipertimbangkan. No RGB no Party!