Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air, Pake Aplikasi Pembersih Speaker Ini

Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air

gadgetmiaw.com - Cara mengatasi speaker hp kemasukan air itu sangat mudah dilakukan. Speaker merupakan komponen penting di Hp untuk segala kegiatan yang mengandalkan suara, misalnya mendengar musik, nonton video, bermain game, mengatur alarm, bahkan menerima notifikasi juga loh! 

Pasti bisa bayangin dong gimana jika hp kehilagan fungsi pada speaker, sehingga tidak dapat digunakan secara maksimal. 

Ada beberapa penyebab speaker hp rusak, salah satunya adalah speaker kemasukan air baik itu dikarenakan hanya cipratan maupun masuk kedalam air. Bagi kamu yang mengalami masalah ini, simak terus artikel ini sampai selesai untuk memberikan pertolongan pertama sebelum membawa ke tukang servis. 


Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air

Sebelum membawa hp ke Service Center, ada baiknya kamu mencoba mengatasi speaker hp yang masuk air dengan melakukan langkah-langkah berikut : 

1. Melepas Kartu SIM dan MicroSD

Jika hp kemasukan air, pertolongan pertama dan yang paling umum dilakukan adalah dengan melepas semua kartu SIM dan MicroSD dan baterai jika memungkinkan untuk dilepas (Removable Battery). Langkah ini bertujuan untuk mencegah kerusakan pada kartu SIM dan MicroSD karena terkena air. 

2. Bersihkan Tetesan Air

Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan tetesan air pada hp yang terkena air. Kamu dapat menggunakan kain kering, dan lap hingga bersih dipermukaan-permukaan yang masih dapat dijangkau. 

Namun, lebih baik lagi jika menggunakan Microfiber supaya dapat mencegah permukaan tergores saat melakukan pembersihan. Posisikan hp dimana speaker menghadap kebawah supaya air didalamya cepat keluar. 

Jangan melakukan charging baterai sebelum hp benar-benar bebas dari air, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

3. Memanfaatkan Gel Silika

Gel Silika dipercaya dapat membantu mengeringkan perangkat elektronik, termasuk smartphone. Untuk memanfaatkan Gel Silika untuk mengatasi spaker hp yang kemasukan air, kamu dapat menyiapkan kantung Zip dan beberapa Gel Silika. 

Masukkan gel silika kedalam kantung tersebut sekaligus hp yang terkena air dalam keadaan mati. Tunggu hingga air benar-benar hilang dari hp kamu. 

4. Menggunakan Aplikasi Speaker Cleaner

Ternyata ada loh aplikasi yang benar-benar dapat mengatasi speaker kemasukan air, nama aplikasinya adalah Speaker Cleaner - Remove Water. Aplikasi ini dapat kamu download di Playstore secara gratis, dan memiliki rating yang bagus. 

Sesuai dengan namanya, aplikasi dibuat yang bertujuan untuk membersihkan atau mengeluarkan air dari speaker hp yang terendam atau terkena air. Untuk mengatasi hp yang kemasukan air menggunakan aplikasi ini cukup gampang, kamu tinggal Download aplikasinya dan langsung jalankan. 

Saat masuk kedalam aplikasi, kamu akan melihat tombol "Clean Speaker". Ketuk tombol tersebut, kemudian aplikasi akan mengeluarkan suara dengung. Kamu tinggal balikkan hp kamu dan tunggu proses ini sampai selesai. 

5. Bawa Ke Service center

Ketika sudah tidak diselamatkan lagi, langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah membawanya ke Servis Center terdekat. Hal ini bertujuan mendapatkan penanganan yang lebih mendalam, dan mungkin ada komponen yang harus diganti. 

Biayanya servis untuk mengatasi speaker hp yang masuk air juga berbeda-beda tergantung dikota mana kamu tinggal. 


Nah, itulah 5 cara mengatasi speaker hp kemasukan air. Untuk meyerap semua air di hp kamu, disarankan untuk memanfaatkan Gel Silika, hindari menggunakan Hair Dryer karena ini akan membuat air semakin masuk kedalam karena tekanan dan akan membuat smartphone mengalami kerusakan yang lebih fatal. Semoga informasi ini bermanfaat ya sob!