Cara Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

 Cara Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

gadgetmiaw.com - Bagi kamu pengguna Android, mungkin pernah mengalami masalah Layanan Google Telah Berhenti. Masalah ini akan membuat hp Android menjadi lambat, dan menghentikan aplikasi yang ingin dijalankan. Masalah ini terjadi berulang kali ketika membuka aplikasi-aplikasi tertentu dan meninggalkan pesan "Sayangnya layanan Google Play telah berhenti" atau "Google Play Services Has Stopped".


Cara Mengatasi Layanan Google Play Telah Berhenti

Jika saat ini kamu sedang mengalami masalah yang sama tidak perlu khawatir, karena ini adalah masalah yang umum terjadi di hp Android. Ini merupakan masalah sistem yang dapat diatasi dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara mengatasi Layanan Google telah berhenti : 

1. Periksa Koneksi Internet

Jika tiba-tiba hp kamu mengalami masalah layanan Google telah berhenti, cobalah periksa kembali koneksi internet baik itu jaringan WiFi maupun data seluler. Untuk memeriksa koneksi internet, kamu dapat mencoba melakukan browsing melalui Google Chrome maupun browser bawaan hp dan jika saat melakukan browsing mengalami kendala maka dapat dipastikan penyebabnya adalah ada pada jaringan internet. 

2. Clear Cache Google Play Service

Cara berikutnya adalah dengan membersihkan Cache atau Clear Cache Google Play Service. Hal ini dianjurkan dilakukan secara rutin untuk menghindari penumpukan file sampah selama pemakaian hp. Hal ini dapat menjadi penyebab utama layanan Google Play berhenti, dan akan terus terulang walaupun kamu melakukan restart beberapa kali. 

Cara Clear Cache Google Play Service : 
  • Buka Setting / Setelan
  • Masuk ke bagian atau menu Aplikasi
  • Scroll dan carilah Layanan Google Play / Google Play Services
  • Kemudian pilih Hapus Cache

3. Reset Ulang Preferensi Aplikasi

Preferensi atau Preferences merupakan sebuah opsi setelan dimana sistem dapat menyimpan semua konfigurasi aplikasi, tak terkecuali Google Play. Dengan mereset Preferences ini memungkinkan dapat mengatasi masalah Layanan Google Play Telah Berhenti atau "Google Play Services Has Stopped".

Cara reset Preferences Google Play : 
  • Buka Setelan
  • Buka Aplikasi
  • Klik Garis titik 3 yang ada di sudut kanan layar
  • Kemudian pilih Reset Preferensi Aplikasi
  • Jika ada pesan Pop-up untuk konfirmasi perintah, klik OK atau Reset

4. Restart Hp

Cara pertama untuk mengatasi Layanan Google Play telah berhenti adalah dengan me-rerestart hp kamu. Restart akan melakukan penyegaran pada sistem secara menyeluruh beserta aplikasi-aplikasinya. Untuk melakukan restart, kamu cukup matikan hp secara manual dan hidupkan kembali setelah beberapa detik dimatikan.  

5. Reset Ke Pengaturan Pabrik

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah Layanan Google Play Telah Berhenti adalah dengan mereset hp kamu ke pengaturan pabrik. Dengan mereset hp akan menghilangkan semua pengaturan dan mengembalikan sistem ke Default. 

Hal ini akan menghilangkan semua aplikasi dan data, diajurkan sebelum mereset hp untuk malukan Backup data terlebih dahulu ke perangkat lainnya seperti komputer maupun Flahdisk menggunakan OTG.

Cara reset hp ke pengaturan pabrik : 
  • Buka Settings / Setelan
  • Masuk ke men Cadangkan atau Setel Ulang
  • Klik Reset ke Setelan Pabrik

Akhir Kata

Itulah beberapa cara mengatasi masalah Layanan Google Play Telah Berhenti. Jika beberapa langkah diatas tidak ada yang berhasil, maka cara yang dapat dilakukan selanjutnya yang kemungkinan besar akan berhasil adalah dengan mereset hp ke pengaturan pablik atau kembali ke setelan pabrik. Namun setelah mereset hp juga belum berhasil, maka kamu harus membawanya ke teknisi hp terpercaya untuk melakukan Flash Ulang atau mengganti sistem. Semoga informasi ini bermanfaat ya sob!