Kenali Pengertian Frame Rate dan Refresh Rate

 

Pengertian Frame Rate dan Refresh Rate

gadgetmiaw.com - Ketika kamu melihat review mengenai smartphone maupun laptop, pasti kamu pernah mendengar dengan istilah Frame Rate dan Refresh Rate saat mereka sedang menjelaskan mengenai layar sebuah gadget. Tahu kah kamu apa itu frame rate dan refresh rate? 


Apa itu Frame Rate? 

Source : www.helpx.adobe.com


Frame Rate adalah ukuran kualitas gerakan pada gambar yang tampil secara berurutan. Frame merupakan gambar diam yang digabungkan menjadi sebuah bentuk slideshow, sehingga mencapai ilusi gerak alami. Beberapa gambar tersebut yang ditampilkan dalam satu detik disebut frame rate atau frame per second (FPS). 

Jadi semakin tinggi frame rate video maka tersebut akan terlihat lebih mulus, sebaliknya semakin rendah nilai FPS maka video yang ditampilkan akan terlihat tidak smooth dan patah-patah. 



Apa itu Refresh Rate?


Source : www.intel.com

Refresh rate adalah tolok ukur atau mengacu seberapa cepat layar perangkat me-refresh pixel layar perdetiknya. Satuan refresh rate diukur dalam satuan Hertz (Hz), jika smartphone memiliki spesifikasi 120 Hz maka layar dapat menampilkan 120 pixel perdetiknya. 

Maka tidak heran smartphone yang memiliki spesifikasi refresh rate yang tinggi cukup memanjakan mata efek transisi dan scrooling akan terasa lebih smooth. Namun smartphone yang memiliki refresh rate yang tinggi memilki kekurangan, yaitu konsumsi daya akan lebih boros dibandingkan dengan smartphone dengan refresh rate yang lebih rendah.