Cara Ampuh Mengatasi Masalah Flexgate MacBook: Solusi Terbaik Atasi Masalah Layar MacBook!

Cara Ampuh Mengatasi Masalah Flexgate MacBook

gadgetmiaw.com - Flexgate merupakan salah satu masalah pada MacBook yang kerap dialami oleh penggunanya. Jika kamu masih asing dengan istilah ini, Flexgate adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan masalah pada tampilan layar yang sering terjadi pada MacBook pada seri tertentu yang disebabkan oleh kabel Fleksibel. 

Masalah seperti ini ternyata tidak hanya dialami satu atau dua pengguna saja, bahkan dalam forum banyak pengguna yang mengalami masalah tersebut khususunya MacBook Pro dan hampir keseluruhan dialami oleh MackBook yang diproduksi pada tahun 2016 - 2018. 


Apa Penyebab Flexgate MacBook?

Ada beberapa penyebab Flexgate, antara lain adalah : 

1. Desain Kabel Fleksibel yang Lemah

Beberapa pengguna dan pakar teknologi percaya bahwa desain kabel fleksibel yang terlalu rapat di sekitar engsel MacBook Pro dapat menyebabkan keausan pada kabel tersebut dari membuka dan menutup layar secara berulang.

2. Kualitas Komponen

Beberapa orang mengaitkan masalah ini dengan kualitas komponen yang kurang baik atau kualitas konstruksi yang buruk pada model-model MacBook Pro tertentu.

3. Tekanan Mekanis

Penggunaan yang intens atau gerakan secara kontunyu atau berulang membuka dan menutup layar MacBook Pro bisa menyebabkan tekanan mekanis yang berlebihan pada kabel fleksibel, yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan. Perlakuan seperti ini tidak bisa kita hindari karena pengguna akan selalu menggunakan MacBook untuk melakukan segala aktivitas. 

4. Ketidaksempurnaan Proses Produksi

Dalam beberapa kasus, masalah tersebut mungkin juga terkait dengan ketidaksempurnaan dalam proses produksi yang menghasilkan kabel fleksibel yang rentan terhadap kerusakan. Jika hal ini disadari oleh Apple, maka generasi berikutnya kabel Fleksibel layar akan lebih diperhatikan saat produksi untuk menghindari masalah yang sama yang dialami pada generasi-generasi sebelumnya. 

5. Kondisi Lingkungan

Faktor lingkungan seperti panas, kelembaban, atau debu juga bisa mempengaruhi keawetan kabel fleksibel. Jika mengacu pada perawatan yang lebih mikro maka disarankan untuk menaruh MacBook ditempat yang lebih aman seperti tempat yang tidak terlalu panas, terlalu lembab dan hindari tempat yang mengundang banyak debu.


Bagaimana Cara Mengatasi Flexgate Macbook?

Pengguna dapat membawa MacBook ke pusat layanan resmi Apple atau teknisi khusus yang terpercaya untuk mengganti kabel fleksibel yang rusak. Penggantian kabel fleksibel dapat memperbaiki masalah tampilan yang disebabkan oleh Flexgate.

Namun beda ceritanya jika masalahnya tidak hanya terkait dengan kabel fleksibel tetapi juga adanya kerusakan pada panel layar itu sendiri, pengguna mungkin perlu mengganti seluruh layar MacBook yang  mungkin memerlukan biaya yang lebih tinggi daripada penggantian kabel fleksibel saja. Untuk biaya layanan teknisi khusus non-resmi memiliki harga yang beragam.

Kabar baiknya jika MacBook kamu masih dalam masa garansi, kamu dapat menghubungi Apple untuk mendapatkan bantuan untuk servis gratis. Meskipun Flexgate tidak secara resmi diakui oleh Apple sebagai masalah untuk mengklaim garansi, namun faktanya beberapa pengguna telah berhasil disetujui untuk ditangani secara gratis oleh Apple.