Rekomendasi Laptop 5 Jutaan Untuk Mahasiswa 2023

 Rekomendasi Laptop 5 Jutaan Untuk Mahasiswa


gadgetmiaw.com - Laptop merupakan perangkat yang dibutuhakn oleh setiap Mahasiswa. Laptop akan memudahkan Mahsiswa dalam mengerjakan tugas kuliah, skripsian, hingga mencari pekerjaan sampingan. 

Bicara soal laptop mungkin sangat erat kaitannya dengan budget. Semua produsen laptop memang menawarkan laptop dengan berbagai varian model dan harga, guna supaya laptop yang dijual dapat digunakan oleh semua kalangan.

Bagi kamu yang sedang bingung memilih laptop dengan harga yang tidak terlalu meguras dompet, berikut kami rekomendasikan 10 laptop 5 jutaan untuk mahasiswa 2023 sebagai berikut : 


1. ASUS VivoBook E410KAO-VIPS621

ASUS VivoBook E410KAO-VIPS621

Rekomendasi laptop 5 jutaan untuk mahasiswa adalah ASUS VivoBook E410KAO-VIPS62. Laptop ini memiliki desain yang memukau dengan motif yang artistik yang menyelimuti Covernya yang berwarna Peacock Blue. Untuk desainnya laptop ini tampak seperti bukan laptop 5 jutaan karena terkesan premium. 

Laptop yang diciptakan untuk harian ini juga memiliki fitur inovatif, seperti ASUS Numpad dan memiliki Keyboard lengkap dengan Backlit yang sangat membantu pengguna saat mengetik diruang yang minim cahaya. 

Laptop ini mennggunakan Prosesor Intel Pentium Silver N6000 1.1 GHz (up to 3.3 GHz). Untuk pengolah grafisnya, laptop ini mengandalkan GPU Intel HD Graphics. 

Bicara soal penyimpanan, laptop ini menggunakan RAM On Board sebesar 4GB (DDR4), dan penyimpanan SSD sebesar 256 GB. 


2. ASUS VivoBook 14 A1400EA-FHD7522

Rekomendasi Laptop 5 Jutaan Untuk Mahasiswa

Berikutnya adalah ASUS VivoBook 14 (A1400), laptop ini memiliki warna Silver dan Hitam yang dengan desain yang terlihat premium dan mewah. 

Laptop ini menggunakan Prosesor Intel Pentium Gold 7505 2.0 GHz (up to 3.5 GHz). Sedangkan untuk pengolah grafisnya, laptop ini mengunakan Intel UHD Graphic. Dengan layar sebesar 14 Inchi yang sudah FHD (Anti Glare Display) tentu akan membuat kamu nyaman dalam melakukan segala kegiatan komputasi kamu. 

Laptop ini memiliki kapasitas RAM On Board sebesar 4 GB, dan penyimpanan SSD sebesar 256 GB yang dapat di upgrade dengan kapasitas memori yang lebih besar. 

Yang menariknya lagi, laptop ini sudah memiliki Keyboar dengan Backlit, dan fitur Fingerprint yang memungkinkan pengguna dapat dengan lebih cepat untuk login ke Windows. Laptop ini memiliki bobot yang ringan, yaitu hanya seberat 1.55 Kg saja. 

Laptop tipis, ringan, desain premium, kurang Worth it apalagi coba?


3. ASUS VivoBook Flip TP1400KA-HD421


Rekomendasi Laptop 5 Jutaan Untuk Mahasiswa

Masih merk Asus, laptop 5 Jutaan untuk mahasiswa berikutnya adalah ASUS VivoBook Flip TP1400KA. Laptop ini juga memiliki desain tipis, premium, dan layarnya bisa di Flip sesuai dengan namanya. 

Laptop ini menggunakan prosesor Intel Celeron N4500, dan menggunakan pengolah grafisnya Intel UHD Graphics. Laptop ini memiliki layar LED Backlit berukuran 14 inci, yang sudah mendukung Touch Screen. Keyboard laptop ini juga sudah mendukung Backlit sehingga akan membantu kamu saat mengetik pada ruangan yang minim cahaya. 

Bicara soal penyimpanan, laptop ini memiliki RAM On Board sebesar 4 GB DDR4 dan penyimpanan SSD sebesar 256 GB. Menariknya, laptop ini memiliki kamera dengan kualitas yang lumayan bagus, dengan kualitas 720p HD yang cukup membantu saat melakukan Daring. Bicara soal bobotnya, laptop ini memiliki bobot yang kecil yaitu hanya 1.50 Kg saja. 


4. ACER A314-22-R430

Rekomendasi Laptop 5 Jutaan Untuk Mahasiswa
Selanjutnya ada merk ACER A314-22-R430. Laptop ini mengandalkan AMD Athlon Silver 3050 sebagai prosesornya, dan menggunakan AMD Radeon Graphics sebagai pembaca grafisnya. 

Laptop ini memiliki RAM sebesar 4 GB DDR4 dan penyimpana SSD sebesar 256 GB. Layarnya memiliki ukuran 14 inci yang sudah FHD yang cukup nyaman di mata penggunanya. Bicara soal berat, laptop ini lebih berat dari pada laptop-laptop sebelumnya karena memiliki berat 1.90 Kg yang nyaris 2 Kg. 


5. Xiaomi RedmiBook 15

Rekomendasi Laptop 5 Jutaan Untuk Mahasiswa

Seperti yang kita ketahui, merk Xiaomi memang sudah tidak asing lagi di telinga kita dengan smartpone-smartphone andalan mereka dengan spek gahar yang dijual dengan harga yang terjangkau. Selain smartphone, Xiaomi juga memiliki Laptop yang diberi nama Xiaomi RedmiBook 15. 

Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i3 generasi ke 11 1.7 GHz - 4.1 GHz. Untuk grafisnya, laptop ini mengandalkan Intel UHD 48EU. Laptop ini memiliki layar yang lebih lebar dari rekomendasi laptop sebelumnya, yang memiliki layar yang berukuran 15.6 inci yang sudah FHD. 

Bicara soaln penyimpanan, laptop ini memiliki kapasitas RAM sebesar 8 GB dan penyimpanan SSD sebesar 512 GB dan 1 TB. Kamera depan berkulaitas 720p cukup membantu saat melakukan daring. Sayangnya untuk spek yang lebih tinggi dari rekomendasi sebelumnya, laptop ini tidak mendukung Backlit pada keyboardnya. 


6. Lenovo V14 G2 ALC

Rekomendasi Laptop 5 Jutaan Untuk Mahasiswa

Rekomendasi laptop berikutnya adalah Lenovo V14 G2 ALC. Laptop ini memiliki desain yang tipis dan premium, yang dapat melipat layar hingga 180 derajat. Laptop ini mengandalkan AMD Ryzen 3 generasi ke 5 sebagai prosesornya, dan GPU AMD Radeon Graphics sebagai pengolah grafisnya. 

Laptop ini memiliki RAM yang dengan 3 varian kapasitas, yaitu 4 GB, 8 GB, dan 12 GB dan memiliki penyimpanan SSD sebesar 256 GB up to 1 TB. Laptop ini juga tidak mendukung Backlit pada keyboardnya seperti rekomendasi sebelumnya. 

Laptop ini memiliki kamera depan yang cukup memuaskan dengan kualitas video 720p dengan fitur Privacy Shutter. Bicara soal beratnya, laptop ini tergolong ringan karena hanya memiliki berat 1.60 Kg saja. 



Akhir kata, itulah beberapa rekomendasi laptop 5 jutaan untuk Mahasiswa yang Worth it buat dibeli ditahun 2023. Laptop-laptop diatas hanya cocok digunakan untuk kegiatan komputasi biasa tidak disarankan untuk kegiatan Desain maupun Rendering karena akan kurang optimal. Semoga informasi ini bermanfaat, dan dapat dijadikan sebagai referensi ya sob!